January 31, 2016

Ini Penampakan Terjelas Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Penampakan Terjelas Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge  

MOBITEKNO – Informasi seputar spesifikasi dua smartphone flagship Samsung, Galaxy S7 dan S7 Edge, yang bakal diumumkan resmi Februari ini sudah cukup banyak beredar. Namun, seperti apa penampakan kedua produk yang cukup jelas di mata konsumen masih belum beredar sampai akhirnya Evan Blass membocorkannya via twitter @evleaks.

Evan yang sejak empat tahun lalu sering membocorkan informasi smartphone, tablet, atau gadget yang akan dirilis kerap menjadi sumber akurat bagi para jurnalis teknologi. Kali ini Evan kembali beraksi dengan membocorkan foto produk yang ‘diduga keras’ sama dengan produk resmi Galaxy S7 dan S7 Edge yang bakal dirilis Samsung kurang dari sebulan lagi (21/2/2016).

Foto render Galaxy S7 yang dibocorkan Evan bukanlah dari sumber aslinya. Hal ini terlihat pada tombol “Home” Galaxy S7 yang sedikit miring karena editing photo yang kurang sempurna. Namun, mengingat reputasi Evan selama ini, banyak pihak meyakini Galaxy S7 dan S7 Edge aslinya tidak akan banyak berbeda dengan foto yang bocor tersebut.

Foto Galaxy S7 dan S7 Edge yang bocor ini menunjukkan Samsung tidak banyak melakukan perubahan desain dibandingkan produk flagship sebelumnya (Galaxy S6 dan S6 Edge). Keputusan Samsung menggunakan satu tema desain untuk dua generasi produk mirip dengan strategi yang ditempuh Apple (iPhone 5/5s dan iPhone 6/6s).

Sedikit perbedaan terjadi pada jumlah varian dan ukuran layarnya. Apabila generasi Galaxy S6 hadir dalam tiga varian (S6, S6 Edge, dan S6 Edge+), Samsung dikabarkan baru akan menghadirkan dua varian Galaxy S7, yaitu S7 yang tetap berlayar 5,1 inci dan Galaxy S7 Edge dengan layar 5,5 inci.

Ini berarti Galaxy S7 Edge akan memiliki layar lebih besar dari S6 Edge (5,1 inci) dan lebih kecil dari Galaxy S6 Edge+ (5,7 inci). Ukuran yang berbeda antara varian standar dan Edge mungkin menjadi kompromi Samsung karena absennya varian Edge+.

Galaxy S7 dan S7 Edge juga datang dengan baterai berkapasitas lebih besar, yaitu berturut-turut 3000 mAh dan 3600 mAh. Selain media eksternal microSD yang kembali didukung, fitur layar yang peka berbagai jenis sentuhan (pressure sensitive displays) ala 3D Touch pada iPhone 6s/6s Plus 3D Touch juga akan hadir. Terakhir, S7 dan S7 Edge akan lebih anti-banting/air berkat dukungan standar IP67.

Menjelang diselenggarakannya Mobile World Congress di Barcelona nanti (22-25 Februari 2016), berbagai informasi seputar kedua smartphone yang datang dengan dua chip SoC berbeda (Exynos 8890 dan Snapdragon 820) ini akan muncul satu demi satu. Kita tungg saja.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS