November 30, 2016

Produsen Mobil Berencana Bangun Charger Mobil Listrik di Sepanjang Jalan Toll di Eropa

Penulis: Desmal Andi
Produsen Mobil Berencana Bangun Charger Mobil Listrik di Sepanjang Jalan Toll di Eropa  

MOBITEKNO – Pengembangan mobil listrik banyak dilakukan oleh produsen mobil. Mereka berlomba-loma untuk menciptakan mobil listrik yang baterainya bisa bertahan lama dalam satu kali pengisian. Respon yang sama pun juga datang dari konsumen otomotif. Perlahan, mereka menyambut kehadiran mobil listrik ini dan mulai menggunakannya untuk menggantikan mobil dengan sistem pembakaran. Namun sayang, hal ini kurang diikuti oleh pembangunan stasiun pengisi listrik di bernagai jalan. Bahkan, di negara maju pun stasiun ini masih terasa kurang jumlahnya.

Melihat keadaan tersebut, perusahaan-perusahaan mobil seperti Daimler, BMW, Ford, Volkswagen, Audi, dan Porsche melakukan kerjasama untuk rencana membangun stasiun pengisi listrik di sepanjang jalan bebas hambatan di benua Eropa. Charger buat mobil listrik ini harus segera dibuat mengingat jumlah mobil listrik yang diproduksi dan dijual ke masyarakat juga semakin banyak.

Bahkan, salah satu bagian dari rencana gabungan perusahaan mobil ini juga membangun charger listrik yang berkekuatan hingga 350 kW. Dengan daya sebesar itu, pengisian listrik tidak lagi memerlukan waktu yang lama, hal yang masih banyak dikeluhkan para pemilik mobil listrik. Perusahaan-perusahaan ini juga akan membuat sekitar 400 stasiun pengisian listrik ultra cepat dengan menggunakan kombinasi dari berbagai konektor sehingga bisa kompatibel dengan berbagai mobil listrik, terutama untuk mobil listrik di generasi berikutmya.

Semua rencana ini akan diwujudkan pada tahun 2017. Namun, para produsen mobil listrik tersebut juga berharap di tahun 2020 nanti mengisi listrik di stasiun pengisian listrik aan semudah mengisi bahan bakar konvensional yang ada sekarang ini.

Sumber: Uber Gizmo

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS