September 30, 2016

Flagship Huawei Ascend Mate 9 dengan Dual Camera dan Kirin 960 Siap Meluncur November

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Flagship Huawei Ascend Mate 9 dengan Dual Camera dan Kirin 960 Siap Meluncur November  

MOBITEKNO – Huawei dikabarkan mulai menebar undangan untuk acara peluncuran produk di Munich, Jerman. Menurut laporan Android Authority, ajang akhir tahun ini akan menandai peluncuran global smartphone terbaru yang belum disebutkan secara rinci oleh Huawei. 

Namun, mengingat Richard Yu, CEO Huawei, akan langsung tampil ke podium menyampaikan pengumuman, kuat dugaan produk yang diumumkan adalah sebuah "flagship device". Sebelumnya, Yu telah mengumumkan produk penting Huawei, seperti smartphone berorientasi kamera, Huawei Nova dan Nova Plus yang telah ditampilkan di ajang IFA 2016.

Kuat dugaan, "flagship device" yang disebutkan Huawei dalam undangan yang dikirimkan ke media adalah Huawei Mate 9. Ini diperkuat oleh siklus update smartphone seri Mate yang biasanya dilakukan setahun sekali. Seperti diketahui, Huawei Mate 8 dudah dirlis November tahun lalu di Cina sehingga wajar jika tanggal 3 November nanti akan menjadi giliran Huawei Mate 9 untuk diumumkan ke publik.

Spesifikasi high-end Huawei Mate 9 sejauh ini masih sebatas bocoran. Dari berbagai informasi terakhir, diketahui smartphone flagship ini akan hadir dalam tiga varian (variasi RAM dan storage) dan enam warna pilihan. Pilihan RAM mulai dari 4 GB hingga 6 GB dengan opsi internal storage dari 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Sosoknya sebagai smartphone premium Huawei terindikasi dari prosesor terbaru racikan Huawei, yaitu HiSilicon Kirin 960. Prosesor octa core yang dimanufaktur oleh TSMC 16nm ini diketahui telah mengusung delapan core ARM terbaru Cortex-A73 (4 core high performance dan 4 core low-power dalam konfigurasi big. LITTLE).

""

Kamera menjadi andalan berikut dari Huawei Mate 9. Setelah kerjsamanya dengan Leica berlanjut, besar kemungkinan Huawei akan mengusung konfigurasi dua camera pada kamera utamanya.

Huawei Mate 9 dikabarkan akan juga memiliki dual camera 20 MP (juga dengan dukungan teknologi lensa kamera Leica) meski belum diketahui seperti apa nantinya kedua lensa ini diaplikasikan. Apakah seperti dual camera P9 (sensor kamera warna dan hitam-puith) atau mengikuti konsep dual camera seperti Apple iPhone 7 Plus (multi-aperture, telephoto).

Terakhir, Huawei Mate 9 yang masih berlayar 6 inci (resolusi 1080 x 1920 pixel, 367 ppi) juga mungkin akan datang dengan sistem Android 7.0 Nougat dalam balutan Emotion UI 5, baterai 4.000 mAh, dan sensor sidik jari (fingerprint) generasi terbaru.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS