April 30, 2016

AMD Radeon Pro Duo: Graphics Card yang Menyasar Para Developer dan Content Creator

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
AMD Radeon Pro Duo: Graphics Card yang Menyasar Para Developer dan Content Creator  

MOBITEKNO – Kehadiran VR headset atau HMD (Head Mounted Display), Oculus Rift dan HTC Vive semakin membuat teknologi virtual reality semakin menarik bagi konsumen. Untuk memanfaatkan momen kehadiran berbagai teknologi dan solusi di pasar VR, AMD merilis graphics card Radeon Pro Duo.

Graphics card yang dibanderol tidak murah ini (US$ 1,499) lebih ditujukan bagi para profesional graphics pembuat konten (content creator) yang kerap melakukan proses rendering graphics, termasuk dalam hal ini para developer game VR. Dalam bahasa AMD, Radeon Pro Duo diperuntukkan bagi para gamer yang membuat konten dan para kreator yang bermain game (For gamers who create, and creators who game).

Graphics card yang penampakan awalnya terjadi di konferensi pers AMD Capsaicin di ajang GDC bulan lalu kini telah resmi dihadirkan di pasar. Bagi para gamer atau enthusiast lainya, mungkin lebih memilih kehadiran dua arsitektur GPU baru, masing-masing AMD Polaris dan Nvidia Pascal.

Graphics card Radeon Pro Duo datang dengan dual GPU Fiji XT (28 nm), memori HBM 8 GB, satu port HDMI, tiga port DisplayPort (DP) dengan konsumsi daya (typical) 350 W.

Berbeda dengan graphics card high performance AMD sebelumnya, seperti AMD Radeon R9 Fury X, terlihat perbedaan komposisi empat port display-nya. Apabila Fury X menyertakan keempat port sebagai DisplayPort, Radeon Pro Duo menyisakan satu port untuk standar HDMI sebagai kompromi untuk digunakan dengan headset VR Oculus Rift.

Dual GPU Fiji XT dalam satu board PCB Radeon Pro Duo sudah menyertakan 8192 Stream Processors (SP), 512 Texture Mapping Units (TMU), dan 128 Render Output Units (ROP).

Graphics card ini memiliki core clock dan memory speed berturut-turut 1000 MHz (max) dan 500 MHz serta compute performance mencapai 16.38 TFLOPS. Kebutuhan daya sebesar 350 W ini bisa disetarakan dengan daya pada graphics card konfigurasi dual R9 Nano.

Sistem cooling Radeon Pro Duo menganut sistem closed-loop liquid cooling yang sama dengan Radeon R9 Fury X. Perbedaannya, Radeon Pro Duo sudah menyertakan satu solusi liquid cooling baik VRM (voltage regulator module) pada kedua GPU dan GPU itu sendiri.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS