March 30, 2016

Jawab Kebutuhan Komputasi di Sektor Bisnis, Lenovo Hadirkan Seri Think X1 Terbaru

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Jawab Kebutuhan Komputasi di Sektor Bisnis, Lenovo Hadirkan Seri Think X1 Terbaru  

MOBITEKNO – Setelah meluncurkan tiga produk mobile workstation ThinkPad P-series (P50, P70, dan P40) Januari lalu, Lenovo kembali meluncurkan lima produk Think X1 series dengan prosesor Intel Core Generasi ke-6 (Skylake) Rabu lalu (30/3/2016) di Jakarta.

Kelima produk Think X1 terbaru ini antara lain ultrabook bisnis 14 inci ThinkPad X1 Carbon, All-in-One PC ThinkCentre X1, tablet inovatif ThinkPad X1 Tablet, 2-in-1 convertible ThinkPad X1 Yoga, dan monitor ThinkVision X1.

Pelucuran ini secara khusus dihadiri pula oleh Kevin Beck, Senior Worldwide Competitive Analyst Lenovo. Dalam sambutannya Kevin mengatakan bahwa ThinkPad yang telah hadir sejak 1992 akan terus membawa revolusi baru sesuai dengan kebutuhan pengguna dari waktu ke waktu.

Menurut Beck, berbeda dengan beberapa produsen spesialis lainnya yang menghadirkan produk notebook, tablet, atau jenis lainnya yang tertipis, teringan, terkuat, terbaik lainnya, Lenovo ThinkPad dikembangkan dengan cara yang berbeda.

Produk ThinkPad hadir dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang dianggap penting bagi pengguna bisnis atau end-user sehingga bisa dijual dalam volume yang besar. Ini berarti Lenovo notebook tidak ingin menjadi sebuah niche product yang hanya diperlukan bagi kalangan tertentu.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon sebagai salah satu produk Think X1 yang diluncurkan diklaim Lenovo merupakan ultrabook bisnis paling ringan (1,2 kg) saat ini. Bodinya yang berbahan serat karbon menjadikan ultrabook ini tetap kokoh mesti memiliki ketebalan hanya 16,55 mm dan berat 1,2 kg.

Menurut Lenovo, ultrabook ini telah lolos berbagai pengujian standar dunia, termasuk uji temperatur dalam kisaran -20 derajat Celcius hingga 60 derajat Celsius. Dengan bobot ringan dan ketahanannya pada beragamam kondisi lingkungan (suhu), ThinkPad X1 Carbon tentunya cocok bagi para pebisnis yang kerap bepergian.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Carbon yang mumpuni terlihat pada diusunnya prosesor Intel Core i7, RAM 16 GB, dan SSD (NVMe PCI-e) dengan kapasitas 1 TB. Ultrabook ini juga mengusung layar resolusi tinggi (2.560 x 1.440 pixel) yang tidak kalah dibandingkan monitor desktop 27 inci berteknologi IPS wide.

Berkaitan dengan fasilitas jaringan cellular connectivity-nya, ThinkPad X1 Carbon diklaim sudah dua kali lebih cepat dari jaringan 4G LTE biasa karena telah mengintegrasikan standar jaringa 4G LTE-A (LTE Advanced).

Lain lagi dengan Lenovo ThinkCentre X1 AIO. PC berjenis All-in-One PC ini diklaim Lenovo sebagai PC desktop tertipis di dunia saat ini. Tidak kalah inovatifnya adalah Lenovo ThinkPad X1 Tablet. Tablet ultra-modular ini dilengkapi dengan berbagai aksesoris (modul tambahan), seperti keyboard, presenter (modul proyektor), dan 3D imaging module (dengan dukungan teknologi Intel Real Sense).

Lenovo ThinkPad X1 Yoga hadir sebagai convertible notebook untuk kalangan bisnis yang mengandalkan layar berteknologi OLED, sedangkan Lenovo ThinkVision X1 adalah monitor 4K berukuran 27 inci (resolusi 3840 x 2160 pixel) yang telah mendapatkan sertifikasi TUV Eye-Comfort.

Monitor dengan level brightness 300 nits, contrast ratio 1300:1, dan response time 6 ms ini juga menyediakan opsi koneksi, seperti port USB 3.1 Type-C port, Disply Port 1.2, dan port HDMI 2.0. Selain itu, terdapat juga hub USB dengan empat port USB 3.0 untuk mencolok berbagai peroferal lainnya.

Rangkaian seri ThinkPad X1 akan tersedia di pasar Indonesia mulai pertengahan April melalui mitra distributor dan retail resmi Leovo selama ini. Harganya seri ThinkPad X1 ditawarkan mulai dari Rp14,9 juta hingga Rp 24,9 juta.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS