January 30, 2016

1 Agustus 2016, Toyota Beli Seluruh Saham Daihatsu

Penulis: Desmal Andi
1 Agustus 2016, Toyota Beli Seluruh Saham Daihatsu  

MOBITEKNO – Di tengah kelesuan industri otomotif, Toyota justru telah sepakat dengan Daihatsu untuk membeli seluruh saham yang dimiliki Daihatsu. Dengan demikian, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut akan menjadi produsen mobil terbesar di dunia.

Pengumuman dari Toyota tentang pembelian saham Daihatsu ini akan melengkapi saham Daihatsu yang dipegang Toyota saat ini, yaitu 51,2 persen. Sebagai bagian dari kesepakatan yang bernilai sekitar US$ 3 miliar, Toyota akan menghentikan seluruh perdagangan saham Daihatsu pada 27 Juli 2016 nanti.

Dari kesepekatan ini juga diinformasikan bahwa untuk meningkatkan nilai dari kedua merek besar tersebut, Daihatsu akan menjadi anak perusahaan Toyota yang akan mengembangkan berbagai mobil kecil dengan strategi terpadu mereka.

“Ini adalah kesempatan bagi kami berdua untuk saling percaya satu sama lain dalam hal mengambil keuntungan dari kekuatan yang kami miliki selama ini. Dengan kata lain, kami akan fokus pada kekuatan kami,” ujar Akio Toyoda, President Toyota seperti dikutip dari Carscoops. “Dengan demikian, kami percaya ini bisa menjadi untuk mempertahankan daya saing global,” tambah Toyoda.

Kesepakatan ini tidak membuat brand Daihatsu hilang. Akan tetapi, kedua perusahaan akan saling berbagi teknologi canggih yang mereka miliki. Dengan demikian, mereka dapat memperkuat pasar, terutama untuk pasar di negara-negara berkembang.

Tags: ,


COMMENTS