September 29, 2016

Ada Mobil Otonom, Ada Juga Kursi Otonom dengan Teknologi Nissan ProPILOT

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ada Mobil Otonom, Ada Juga Kursi Otonom  dengan Teknologi Nissan ProPILOT  

MOBITEKNO – Mobil otonom (self-driving car) adalah teknologi masa depan yang perlahan tapi pasti akan diadopsi luas di industri otomotif. Namun, bagaimana dengan konsep kursi otonom (self-driving chair)? Penerapannya mungkin akan terbatas, misalnya bagi orang berkebutuhan khusus. Namun bagi Nissan konsep kursi otonom cocok juga buat menunggu antrian atau mengatur kursi yang berantakan di ruangan.

Nissan Motor Corporation (NMC) baru-baru ini memperkenalkan kursi otonom yang digunakan untuk mensosialisasikan teknologi ProPILOT pada salah satu mobil otonomnya, seperti Serena.

Kursi otonom yang oleh Nisssan dinamakan ProPILOT Chair (kursi ProPilot) digambarkan mengusung dan merepresentasikan fitur otonom pada mobil Serena dalam bergerak secara ototomatis melalui jalur tertentu.

Kemampuan ProPILOT chair ditunjukkannya saat bergerak tanpa intervensi manusia, bisa menjaga jarak, bergerak pada lajurnya, dan kapan harus berhenti. Layaknya mobil otonom, kursi ini praktis hany perlu ditempati oleh manusia dan selebihnya kendali dikontrol oleh sistem ProPILOT.

""

Seperti diketahui, antrian panjang di kafe dan restoran merupakan hal yang umum terjadi di Jepang. Nissan ingin menunjukkan bahwa teknologi kursi otonom bisa membantu pengunjung saat berada di tengah-tengah antrian panjang. Caranya, cukup dengan duduk di ProPILOT chair maka rasa letih saat berdiri lama bisa diatasi. Pengguna kursi otonom pun dapat antri secara disiplin dan melakukan aktivitas rutinnya, seperti membaca, menggunakan samrtphone, atau hal lainnya.

Nissan akan menguji kursi otonom ProPILOT ini di beberapa restoran di Jepang hingga akhir tahun ini. Restoran di Jepang yang tertarik dapat memesan kursi ini dengan memesannya melalui layanan Twitter dengan hashtag #NissanProPilotChair. Restoran yang terpilih akan mendapatkan kursi otonom ProPILOT tahun depan.

Teknologi ProPilot sudah diperkenalkan Nissan pada mobil Serena terbaru sejak bulan lalu untuk pasar Jepang. Sistem ini memungkinkan kendaraan mengatur kecepatan, pengereman, pengendalian kemudi secara otomatis dan membuat mobil bisa berjalan secara aman pada jalurnya dengan dukungan software, komputasi, dan berbagai sensor yang diusungnya.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS