August 29, 2016

CrossOver Beri Jalan Bagi Pengguna Chromebook Jalankan Aplikasi Windows

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
CrossOver Beri Jalan Bagi Pengguna Chromebook Jalankan Aplikasi Windows  

MOBITEKNO – CrossOver dikenal sebagai software yang menyediakan Windows compatibility layer untuk sistem operasi (OS) Mac OS dan Linux. Dengan layer ini, berbagai aplikasi berbasis Windows bisa berjalan di sistem Mac OS atau Linux OS tanpa perlu mem-porting aplikasinya untuk kedua OS non-Windows tersebut.

Belum lama, Codeweavers kembali memperluas dukungan software CrossOver yang berbasis emulator Wine ini untuk platform lainnya. Platform terbaru yang didukung CrossOver adalah ChromeOS yang menjadi OS bawaan laptop chromebook.

Saat ini, ChromeOS yang didukung CrossOver Android, demikian namanya, baru diperuntukkan untuk Chromebook dengan chipset Intel, seperti Asus Flipbook, Acer Chromebook r11, dan Chromebook Pixel.

Dengan CrossOver Android, pengguna chromebook (dengan chip Intel) bisa menjalankan program Windows populer, seperti Office 2010 atau Valve Steam (software digital distribution platform). Versi technical preview CrossOver Android saat ini sudah tersedia secara gratis untuk di-install di chromebook.

Hadirnya layer emulator untuk menjalankan aplikasi Windows tertentu mungkin sedikit terlambat mengingat saat ini Google pun mulai menggulirkan dukungan aplikasi Android untuk di-install di ChromeOS.

Ragam aplikasi Android yang tidak kalah masifnya dibandingkan aplikasi Windows membuat pengguna Chromebook mungkin lebih tertarik meng-install aplikasi Android di ChromeOS daripada harus meng-install aplikasi Windows. Keculai aplikasi Windows-nya tergolong unik atau todak tersedia di platform lainnya.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS