May 29, 2016

Kepincut Larisnya Low-MPV Datsun GO+, Toyata Siapkan ‘Agya 7-Seater’

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kepincut Larisnya Low-MPV Datsun GO+, Toyata Siapkan ‘Agya 7-Seater’  

MOBITEKNO – Setelah cukup ramai dibicarakan akhir tahun lalu, kolaborasi kedua Toyota-Daihatsu dalam pembuatan mobil murah LCGC (Low Cost Green Car) kembali berlanjut. Apa nama mobil hasil kolaborasinya kali ini? Menurut kabar yang beredar di dunia maya, nama mobil low MPV tersebut adalah Toyota Cayla.

Cayla yang mempunyai arti ‘sempurna’ sepertinya ingin menunjukkan bahwa mobil tersebut akan diproduksi dengan kualitas terbaik dalam berbagai aspek. Apabila berjalan lancar, Toyota kemungkinan akan meluncurkan Cayla di kuartal ketiga tahun ini.

Meski dikabarkan akan berbasis LCGC Agya, mobil Cayla dengan 7 tempat duduk (tiga baris) ini akan memiliki berdesain ‘gado-gado’ karena bagian sampingya mirip Avanza dan bagian belakangnya terinpirasi dengan Kijang Innova terbaru.

Mobil yang dipersiapkan sebagai kompetitor Datsun Go+ Panca ini dikabarkan akan mulai diproduksi pada pertengahan Juni sebelum diperkenalkan ke publik di awal Agustus di ajang GIIAS 2016.

Mengenai mesin, Toyota Cayla mungkin akan mengusung mesin 1.2 liter 3NR-FE berteknologi Dual VVT-i. Mengingat low MPV ini masuk golongan mobil kategori LCGC, harga jualnya bakal dibuat lebih terjangkau alias berada di antara harga Agya dan Avanza (antara Rp 130 juta hingga Rp 150 juta).

Langkah PT Astra International Tbk (ASII) sebagai APM Toyota di Indonesia merilis Cayla untuk berhadapan dengan Datsun Go+ Panca di segmen mobil LCGC 7 penumpang bisa dimaklumi. Pasalnya penjualan LCGC Datsun Go+pada empat bulan pertama terakhir meningkat 26 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS