December 28, 2016

Yang Dikhawatirkan Akhirnya Terjadi, Smart TV LG Keluarga Ini Terinfeksi Ransomware

Penulis: Desmal Andi
Yang Dikhawatirkan Akhirnya Terjadi, Smart TV LG Keluarga Ini Terinfeksi Ransomware  

MOBITEKNO – Smart TV merupakan sebuah inovasi pada satu dekade ini. Dari sebuah smart TV, konsumen bisa melakukan berbagai hal, seperti bermain game, menyaksikan siaran TV, browsing Internet, hingga membaca berita terbaru. Namun, seperti halnya sebuah perangkat pintar lainnya, Smart TV tentu dibekali dengan sebuah sistem operasi di dalamnya. Nah, hal inilah yang banyak dikhawatirkan banyak orang bahwa suatu saat sistem operasi Smart TV bisa saja di-hack oleh para penjahat cyber untuk mengambil keuntungan.

Tampaknya meretas Smart TV sudah menjadi kenyataan. Baru-baru ini perangkat Smart TV milik keluarga arren Cauthon menjadi sasaran para hacker dan berhasil meretas sistem operasi di Smart TV merek LG tersebut. Dalam cuitannya di Twitter, Cauthon melapirkan bahwa Smart TV miliknya telah terinfeksi malware Android. Smart TV miliknya pun kini tidak bisa digunakan sama sekali (bricked).

Family member's tv is bricked by Android malware. #lg wont disclose factory reset. Avoid these "smart tvs" like the plague. pic.twitter.com/kNz9T1kA0p

— Darren Cauthon (@darrencauthon) December 25, 2016

Sayangnya, dikutip dari Android Police, pihak teknisi LG juga tidak tahu bagaimana untuk melakukan proses factory reset pada Smart TV tersebut. Dengan demikian, Smart TV itu pun menjadi barang mahal yang rusak dan teronggok begitu saja di ruang keluarga.

Dari gambar yang diubggah oleh Cauthon, tampaknya Smart TV miliknya terinfeksi Ransomware. Seperti ciri dari Ransomware, para penjahat ini meminta uang sebesar US$ 500 untuk mengembalikan kondisi Smart TV ke keadaan semula. Informasi yang ditampilkan memanfaatkan nomer FBI palsu. Dengan kejadian ini, ke depannya, Smart TV juga harus menjadi perhatian para pembuatnya, terutama untuk sisi keamanana sistem operasi di dalamnya. Tampaknya, sudah saatnya Smart TV juga dibekali aplikasi antivirus di dalamnya, layaknya sebuah perangkat lain yang memiliki sistem operasi.

Sumber: Android Police

Tags: , , , , , ,


COMMENTS