September 28, 2016

Sudah Beranjak Dewasa di Usia 18 Tahun, Google Harus Konsisten Tentukan Tanggal Ulang Tahunnya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Sudah Beranjak Dewasa di Usia 18 Tahun, Google Harus Konsisten Tentukan Tanggal Ulang Tahunnya  

MOBITEKNO – Raksasa Internet ini kembali merayakan ulang tahunnya ke-18, tepatnya tanggal 27 September 2016. Seperti biasanya perayaan ini ditunjukkannya dengan animasi Doodle yang ditampilkan Google pada web browser yang digunakan pengguna di seluruh dunia.

Perusahaan yang dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford pada tahun 1998 (18 tahun lalu) telah menjelma menjadi perusahaan teknologi paling berpengaruh dengan jaringan layanan yang merambah dalam berbagai aspek kehidupan manusia di era digital online saat ini.

Perusahaan induknya, Alphabet, bahkan baru saja maraih ‘market value’ tertinggi awal tahun ini (sekitar US$ 560 miliar) dan berhasil melampaui Apple yang sebelumnya memegang takhta tersebut dengan market value sebesar US$ 535 miliar.

""

Larry Page (kiri) dan Sergey Brin (kanan) pada masa awal Google. (sumber: AP)

Di tengah persoalan pajak tahun 2015 (lebih dari US$ 400 juta) yang digugat pemerintah Indonesia, tidak dapat dipungkuri kehadiran Google sudah sangat melekat di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia.

Sebut saja mulai dari menonton video YouTube yang sedang viral, mencari informasi segala hal di search engine Google, berkirim e-mail pribadi/kerjaan di Gmail, dan masih banyak lainnya. Intinya, semua aktivitas online masyarakat Indonesia dilakukan melalui layanan milik Google.

Berkaitan dengan ulang tahunnya, ada satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan banyak pihak ke Google saat perayaan setiap tahunnya. Pertanyaan tersebut adalah menyangkut tanggal pasti ulang tahunnya. 

Meski beberapa tahun ini Google cukup konsisten merayakan ultahnya pada tanggal 27 September, rekam jejak selama ini menunjukkan sedikit ketidak konsistennya mereka dalam menentukan tanggal perayaan ulang tahun.

Pada tahun 2005, Google memilih 26 September sebagai tanggal ultahnya. Namun, perayaan ultah ke-6 melalui Google Doodle justru mulai ditayangkan tanggal 7 September 2004. Padahal di tahun sebelumnya, perayaan justru ditetapkan tanggal 8 September 2003.

Google bukan tidak menyadarinya. Pada tahun 2013, mereka mengakui merayakan ulang tahunnya pada empat tanggal berbeda. Berkaitan dengan tanggal 27 September yang mulai konsisten dipilih, Google hanya menyesuaikannya dengan perayaaan ultah Google melalui logo tematik Googlel Doodle pada tanggal 27 September sejak tahun 2002.

Bagaimana pun juga, selamat ulang tahun ke-18 buat Google memasuki usia yang bagi manusia sudah dianggap dewasa. Akankah 18 tahun ke mendatang jaringan layanannya akan terus mengakar atau justru menghilang dari kehidupan manusia sehari-hari? Kita hanya bisa menebak…
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS