September 28, 2016

Huawei Diam-Diam Garap Smartwatch Berbasis Tizen

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Huawei Diam-Diam Garap Smartwatch Berbasis Tizen  

MOBITEKNO – Perusahaan raksasa Cina, Huawei, sudah meluncurkan Huawei Watch sebagai smartwatch berbasis Android Wear pada akhir tahun lalu. Sejauh ini, Huawei cukup banyak mendapat respons positif, terutama karena desain Hawei Watch yang elegan dan berkelas. 

Sayangnya, seperti halnya Lenovo dan LG, Huawei belum berencana merilis produk smartwatch terbarunya di akhir tahun ini. Stagnannya permintaan pasar dan minat konsumen yang lebih condong pada produk fitness tracker/wearable menjadi alasan mereka untuk menunggu hingga tahun depan.

""

Apa saja smartwatch yang disiapkan Huawei di tahun depan? Selain masih mungkin merilis penerus Huawei Watch berbasis Android Wear, Huawei juga dikabarkan sedang mencari alternatif sistem operasi (OS) selain Google Android untuk produk smartwatch-nya.

Menurut harian lokal Korea, JoongAng Ilbo, Huawei akan mengajak Samsung sebagai salah satu anggota inti dari Tizen Association untuk bersama-sama mengembangkan Tizen sebagai platform OS smartwatch mereka. 

Alasan Huawei melirik OS lain diperkirakan tidak jauh berbeda dari Samsung. Namun menurut laporan, salah satunya alasannya adalah karena Google dianggap Huawei masih belum terlalu kooperatif dan kurang agresif mengembangkan Android Wear (saat ini masih Android Wear 2.0 Developer Preview). 

Tizen adalah sistem operasi open-source yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan teknologi, di antaranya Samsung Electronics dan Intel. Seperti juga Android, OS ini dikembangkan dari kernel Linux dan GNU C Library (Linux API).

""

Selain Samsung dan Intel, anggota Tizen Association telah mencapai 10 perusahaan, salah satunya adalah Huawei, LG, dan Fujitsu. Jadi, tidak mengherankan juga jika suatu saat Huawei pun akan mengadopsi Tizen pada beberapa produknya.

Niat Huawei memakai Tizen pada smartwatch akan disambut positif oleh Samsung. Pasalnya, Samsung selama beberapa tahun ini bisa dikatakan sendirian membawa bendera Tizen di pasar produk mobile global yang didominasi Google dan Apple.

Selain smartwatch dan fitness tracker (Gear S, Gear Fit), Samsung juga menggunakan platform Tizen untuk smartphone low-end seri Z dan beberapa peralatan elektronik lainnya. Menurut jadwal, Tizen Association akan mengumumkan versi terbaru Tizen 3.pada bulan September ini.

""

Tags: , , , , , ,


COMMENTS