May 28, 2016

Gandeng Fortumo, Tri Perluas Dukungan Metode Pembayaran Potong Pulsa

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Gandeng Fortumo, Tri Perluas Dukungan Metode Pembayaran Potong Pulsa  

MOBITEKNO – Operator Tri (PT.Hutchison 3 Indonesia) hari Jumat (27/5/2016) mengumumkan kemitraannya dengan Fortumo, perusahaan penyedia layanan pembayaran mobile, untuk melakukan pembayaran layanan digital melalui pemotongan pulsa Tri (direct carrier billing).

Dengan kerjasama ini, 55.5 juta pelanggan Tri semakin mudah berlangganan atau membeli layanan digital dengan pulsanya. Misalnya, berlangganan aplikasi streaming film HOOQ dan beragam konten digital lainnya.

Dolly Susanto, Chief of Sales and Marketing Officer Hutchison 3 Indonesia, menyambut kerjasama ini mengatakan, “Fortumo adalah penyedia layanan pembayaran online yang sudah sangat dikenal luas di Asia. Menggabungkan merchant-merchant lokal dan global melalui satu layanan terintegrasi merupakan peluang yang menarik bagi kami.”

“Semoga kerja sama ini bisa memberikan nilai tambah kepada pelanggan kami dan menunjang gaya hidup digital mereka,” tambah Dolly.

Fortumo menilai Indonesia sebagai pasar sangat potensial karena populasi digital terbesar dan paling cepat berkembang di Asia. Sayangnya potensi ini belum dimaksimalkan oleh sistem pembayaran online perbankan. Operator di Indonesia memiliki kesempatan untuk eraih pasar digital dan meningkatkan pendapatannya dengan menghadirkan pembayaran untuk konten digital.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Hutchison 3 Indonesia dan menghubungkan pelanggan mereka ke perusahaan digital terkemuka di dunia, “kata Siddarth Sahi, VP of Business Development & Carrier Relations Fortumo.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki 259 juta pengguna ponsel dan 55 juta pengguna smartphone, dan diprediksi bakal tumbuh 17% tahun ini. Namun, baru 4 juta orang yang telah memiliki kartu kredit. Itu artinya, masih ada ‘gap’ besar antara total jumlah pengguna dan jumlah pengguna yang memiliki kartu kredit.

Solusi pembayaran dengan pemotongan pulsa operator (direct carrier billing) dianggap bisa memecahkan problem ini sehingga setiap pengguna ponsel/smartphone bisa melakukan pembayaran. Dengan demikian, operator dan merchant pun dapat meningkatkan pembayaran dan pendapatan mereka melalui tagihan operator.

Layanan pembayaran langsung memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui koneksi data dengan mengkonfirmasi pembelian hanya dengan sekali klik di ponsel.

Pembayaran diproses tanpa ada informasi tambahan yang diperlukan dari pengguna yang menyediakan peningkatan konversi dibandingkan dengan metode pembayaran online lainnya. Platform layanan pembayaran seperti ini telah digunakan di berbagai toko aplikasi terkemuka, seperti Google Play dan Windows Phone Store.

“Pelanggan Tri yang gemar nonton film streaming tidak perlu repot antri tiket bioskop karena bisa melakukannya di smartphone melalui aplikasi HOOQ. Cukup pilih berlangganan aplikasi/layanan ini dengan harga Rp 49.500 per 30 hari atau Rp 18.700 per 7 hari, pulsa pelanggan sudah bisa digunakan membayar biaya berlangganannya,” ujar Dolly.

Pelanggan Tri kini bisa mengakses jaringan pembayaran Fortumo yang mencapai hampir 500 layanan digital. Sejauh ini, Fortumo telah bekerjasama melakukan metode direct carrier billing ini dengan lebih dari 350 operator mobile di 90 negara dunia.

Sejak berdiri tahun 2007, Fortumo sudah berkantor di Estonia (kantor pusat), San Francisco, Beijing, Delhi, Singapura, dan Hanoi. Tiga tahun lalu, penyedia layanan pembayaran mobile internasional ini berhasil mendapat dana segar dari Intel Capital (divisi VC dari Intel Corporation) dan Greycroft Partners.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS