January 28, 2016

‘Success Story’ Perusahaan Jepang akan Diwujudkan Netika dan QUNIE di Perusahaan Lokal Hadapi Persaingan Pasar Global

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
‘Success Story’ Perusahaan Jepang akan Diwujudkan Netika dan QUNIE di Perusahaan Lokal Hadapi Persaingan Pasar Global  

MOBITEKNO – Setelah memulai kerjsama sejak 2014, perusahaan konsultan PT Netika Indonesia (Netika) menegaskan kerjasamanya dengan perusahaan konsultan Jepang, QUNIE Consulting dalam penandatangan nota kesepahaman di Jakarta (27/1/2016) untuk menyediakan berbagai fasiltias konsultasi, peltahihan, dan bentuk lainnya dalam rangakan pengingkatan daya saing industri perusahaan Indonesia.

Netika Indonesia (Netika) merupakan perusahaan konsultan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Adapun QUNIE Consulting adalah unit bisnis dari NTT Data Group yang menyediakan layanan untuk area manajemen perusahaan yang berbasis teknologi. Dengan kerjasamanya dengan QUNIE, Netika meperluas keahliannya selam ini bukan hanya di bidang teknologi informasi, tapi juga ke bidang desain sistem produksi, penjualan, dan finansial.

Seperti kita ketahui, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 telah membawa dampak yang luas pada berbagai sektor industri di negara kawasan regional ASEAN, termasuk Indonesia. Kurangnya kesiapan perusahaan Indoenisa dalam hal SDM, infrastruktur, dan logistik menjadi perhatian banyak pihak selama ini.

Berbekal pengalamannya selama ini mendukung perusahaan Jepang sukses menjadi perusahaan kelas dunia, khususnya industri manufaktur, QUNIE bersama Netika akan menawarkan solusi lengkap untuk membantu kliennya di Indonesia bertransformasi dan siap menghadapi pasar persaingan bebas secara cepat.

Keunggulan-keunggulan tersebut berpadu dengan kelebihan NETIKA yang memiliki portofolio di bidang sumber daya manusia, di mana perusahaan ini melebarkan layanannya dalam pengaplikasian teknologi informasi, desain sistem, produksi, penjualan, finansial, keuangan, dan lainnya.

Selain solusi di bidang sumber daya manusia, NETIKA saat ini juga menawarkan bantuan bagi industri manufaktur untuk pengaturan siklus hidup produk melalui konsep yang terencana. Ini akan menciptakan pengembangan inovatif dari manajemen rantai pasok untuk industri retail, termasuk perusahaan yang memiliki permasalahan dalam hal logistik.

Netika dan QUNIE menganggap permasalahan yang dihadapi banyak perusahaan Indonesia saat ini di berbagai industri sukar diatasi dengan metode konvensional. Mengingat urgensi dan kondisi yang dihadapi perusahaan Indonesia, menurut Christian H. Siboro, Deputy President Director PT. Netika Indonesia, perlu adanya solusi yang juga disertai dengan pendekatan inovasi teknologi canggih.

“Pada prinsipnya, Netika dan QUNIE ingin membantu semua perusahaan Indonesia dari berbagai sektor industri dengan pengalaman dan inovasi tekonologi yang dimiliki mereka saat ini,” tambah Christian.

Shinya Takagi, CEO QUNIE, yang juga hadir dalam kerja sama ini dalam menekankan bahwa kolaborasi ini akan memberikan layanan dan solusi berkualitas tinggi dan terintegrasi pada berbagai masalah bisnis yang dihadapi perusahaan di Indonesia.

Arnold Siboro, IT Solutions Departement Head Netika, juga memberi gambaran kondisi kualitas SDM di perusahaan Indonesia saat ini jika dikomparasi dengan SDM dari luar Indonesia. Menurutnya, kesenjangan kualitas manajemen di level atas tidaklah signifikan jika dibandingkan dengan SDM luar. Masalah kesenjangan lebih menonjol di level manajemen menengah ke bawah, dimana penguasan teknologi menjadi masalah utama.

“Secara raw quality kualitas SDM kita sudah baik, tinggal bagaimana nantinya metode pengembangan kualitas SDM kita berikutnya”, jawab Arnold.

Pengalaman QUNIE yang telah terbukti di Jepang dan di negara Asia lainnnya membuat QUNIE percaya diri dan siap mendukung Netika dalam berbagai area konsultasi bisnis dan penyelesaian masalah bisnis dan operasional yang dihdapai perusahan di Indonesia.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS