October 26, 2016

Jamboard: Pesaing Digital Whiteboard Microsoft Surface Hub dari Google

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Jamboard: Pesaing Digital Whiteboard Microsoft Surface Hub dari Google  

MOBITEKNO – Microsoft punya papan tulis digital Surface Hub, Google pun tidak mau ketinggalan menawarkan produk sejenis bernama Jamboard. Hari ini (26/10/2016), raksasa search engine tersebut mengumukan Jamboard sebagai papan tulis (whiteboard) berbasis cloud untuk membantu para anggota tim dalam berkolaborasi.

Google Jamboard menyediakan tool ‘real-time collaboration’ yang sama dengan yang ada dalam G Suite (tool software kolaborasi dan produktivitas berbasis cloud) yang sebelumnya bernama Google Apps for Work.

Fungsi utama papan tulis digital Google dengan layar 55 (resolusi 4K) ini sama dengan Microsoft Surface Hub. Salah satu perbedaan adalah resolusi layar Surface Hub versi 55 inci hanyalah Full-HD (1080p). Selain resolusi, Jamboard menjadi lebih menarik karena ditawarkan dengan harga di bawah US$ 6 ribu (Surface Hub 55 inci sekitar US$ 9 ribu)

""

Berbeda dengan orat-oret whiteboard yang biasanya harus dipotret sebelum dihapus sebagai pengingat, semua yang ditulis atau digambar di atas Jamboard akan tersimpan di cloud, termasuk di-share melalui layanan multimedia messaging Hangouts.

Agar Jamboard yang menggabungkan hardware dan software menjadi solusi kolaborasi yang ideal bagi perusahaan/bisnis, Google mengajak konsumen G Suite, seperti Instrument, Netflix, dan Spotify. Tujuannya untuk memberikan masukan yang danggap penting bagi Google dalam proses pengembangan Jamboard. Google juga bemitra dengan BenQ yang menyediakan jaringan channel dan reseller dalam pendistribusian Jamboard ke pasar.

Apabila Microsoft Surface Hub sudah tersedia saat ini, Google baru akan menyediakan Jamboard tahun depan. Menurut Google, mereka masih membuka kesempatan bagi mitra pengguna G Suite lainnya dengan menggelar Early Adopter Program yang bisa didaftarkan melalui alamat ini.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS