September 26, 2016

Tersenyum dan Sering Foto Selfie Dapat Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia

Penulis: Abdillah
Tersenyum dan Sering Foto Selfie Dapat Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia  

MOBITEKNO – Ada kabar menarik bagi Anda yang gemar melakukan foto selfie. Sebuah studi baru menyebutkan bahwa foto-foto selfie memiliki efek yang jauh melampaui hanya dari sekadar berbagi wajah Anda dengan dunia, tetapi juga benar-benar dapat membuat Anda bahagia.

Menurut jurnal berjudul "Psychology of Well-Being", tim peneliti menemukan bahwa mengambil potret diri sendiri setiap hari dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang secara keseluruhan serta dapat melawan perasaan stres dan kesepian.

PEnelitian ini dilakukan terhadap 41 mahasiswa selama tiga minggu. Masing-masing mahasiswa secara acak ditugaskan untuk mengambil salah satu dari tiga gambar pada hari tertentu.

Ketiga gambar yang diambil adalah foto selfie tersenyum, foto sesuatu yang membuat mereka bahagia dan foto yang membuat orang lain bahagia. Bersamaan dengan itu, setiap mahasiswa diminta untuk menuliskan suasana hati mereka menggunakan aplikasi yang disediakan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa yang diarahkan untuk mengambil foto selfie tersenyum menjadi "lebih percaya diri dan bahagia" dari waktu ke waktu. 

Bagi mereka yang menangkap gambar dari sesuatu yang mereka sukai menjadi "lebih reflektif dan menghargai". Sedangkan mahasiswa yang mengambil foto dari sesuatu yang mereka pikir membuat orang lain bahagia mengatakan bahwa dirinya merasa "lebih tenang dan santai".

Yu Chen, sang peneliti yang juga sarjana postdoctoral di Departemen Informatika, University of California menegaskan bahwa ia dan tim yang terlibat tidak sepenuhnya terkejut dengan hasil penelitian ini.

"Kami tidak terkejut dengan hasil pneliatian ini karena studi sebelumnya menunjukkan bahwa memanipulasi ekspresi wajah tersenyum memiliki dampak positif pada suasana hati masyarakat," ujar Yu Chen.

Meski hanya menggunakan ukuran sampel yang sedikit, namun penelitian ini berupaya untuk lebih memahami bagaimana teknologi memainkan peran dalam mempengaruhi suasana hati dan perilaku kita sehari-hari. 

"Singkatnya, hanya tersenyum, mengambil selfie untuk diri sendiri, dan menghargai senyum Anda di foto. Itulah keindahan yang unik untuk disebarluaskan kepada teman-teman Anda," tutup Yu Chen.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS