September 26, 2016

Bos Android Isyaratkan Hal Monumental Jelang Acara Google 4 Oktober Nanti. Apakah Itu?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Bos Android Isyaratkan Hal Monumental Jelang Acara Google 4 Oktober Nanti. Apakah Itu?  

MOBITEKNO – Kabar Google akan mengumumkan sejumlah produk terbaru di akhir tahun ini, tepatnya tanggal 4 Oktober 2016 sebenarnya sudah terdengar beberapa bulan ini.

Menjelang hari H tersebut, Google akan menghadirkan dua smartphone bernama baru, Pixel phone, speaker smart assistant Google Home (rival Amazon Echo), dan perangkat media streaming Chromecast Ultra dengan dukungan streaming 4K.

Ketiga kategori produk ini penting bagi Google dalam rangka memperkuat eksistensi berbagai layanannya di dunia maya. Namun, ciutan (Tweet) terbaru dari Hiroshi Lockheimer, memberikan indikasi bahwa ada hal lain yang lebih siginifikan akan diumumkan pada acara 4 Oktober nanti.

We announced the 1st version of Android 8 years ago today. I have a feeling 8 years from now we'll be talking about Oct 4, 2016.

— Hiroshi Lockheimer (@lockheimer) September 24, 2016

Mengingat ciutan berasal dari Hiroshi Lockheimer, sosok paling berkepentingan dalam pengembangan Android, Chrome OS, dan Chromecast, spekulasi pun muncul bahwa Google akan mengumumkan penyatuan dua sistem operasi andalannya, Android OS dan Chrome OS, yang selama ini cukup dinantikan banyak pihak.

Dugaan bakal hadirnya Andromeda OS, sebutan OS gabungan Android dan Chrome ini, pada tanggal 4 Oktober ini bukan tanpa alasan. Masalahnya, Hiroshi membandingkan pentingnya pengumuman besar tersebut dengan debut pertama Android OS pada delapan tahun silam.

Rumor penyatuan ini sudah nyaring terdengar tahun lalu saat Wall Street Journal melaporkan rencana Google untuk menyatukan Android dan Chrome pada tahun 2017. Kabar hadirnya Andromeda pada tanggal 4 Oktober nanti (jika memang terjadi) tentunya akan berdampak pada platform Android/Chrome OS di masa mendatang.

Rilis Andromeda OS menjadi indikasi keseriusan Google untuk menggarap platform yang siap untuk beragam perangkat mobile device, utamanya tablet dan notebook 2-in-1. Hadirnya Andromeda OS sebenarnya diprediksi baru direalisasi tahun depan, tapi ciutan Hiroshi Lockheimer bisa menjadi petunjuk Andromeda hadir lebih cepat dari jadwal semula.

""

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS