January 26, 2016

Pengguna iPhone Bakal Cicipi Keyboard Microsoft yang Inovatif

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pengguna iPhone Bakal Cicipi Keyboard Microsoft yang Inovatif  

MOBITEKNO – Microsoft akan menghadirkan keyboard Windows Phone bagi pengguna smartphone/tablet iOS. Raksasa software ini memang sedang giat-giatnya menawarkan berbagai layanan dan aplikasi buatannya ke mobile OS iOS dan Android yang memang jauh lebih populer dibandingkan OS-nya sendiri, Windows Phone. Microsoft tercatat telah memiliki sekitar 60 aplikasi di Apple App Store.

Aplikasi keyboard Microsoft (MS), dinamakan Word Flow, kini sedang diuji di lingkungan internal oleh para beta tester dan diperkirakan akan dirilis dalam waktu dekat ini. Salah satu fitur yang diandalkan Word Flow adalah fungsi untuk penggunaan satu tangan (one-handed mode).

Meskipun keyboard MS di perangkat Windows 10 Mobile juga menyertakan fitur one-handed mode, keyboard Word Flow versi iOS sedikit berbeda karena mendukung penggunaan tangan kiri atau kanan. Selain itu, keyboard-nya juga dirancang seperti kipas (seperempat lingkaran) agar mudah dijangkau jari saat iPhone dipegang dengan satu tangan.

Keyboard bawaan iOS yang dibuat Apple sebenarnya telah berfungsi baik, minim typo (eror ketik), dan mudah digunakan. Namun, adanya aplikasi keyboard pihak ketiga (third party app) masih tetap diperlukan mengingat masih ada pengguna yang membutuhkan fitur-fitur ekstra lainnya yang tidak disertakan pada keyboard iOS standar.

Pengguna iPhone dengan iOS 8 atau lebih baru sejauh ini memiliki pilihan untuk meng-install aplikasi keyboard lain, seperti SwiftKey, Swipe, atau Fleksy. Ketiganya juga cukup populer di kalangan pengguna smartphone Android

Word Flow versi iOS juga masih menyertakan fitur-fitur yang ada pada keyboard Microsoft versi Windows Phone. Misalnya, seperti word suggestions, emoji, dan swipe letters (like Swype). Microsoft akan merilis Word Flow versi iOS secara resmi beberapa bulan mendatang, dan akan diikuti oleh Word Flow versi Android di akhir tahun ini.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS