August 25, 2016

Belum Kelar di Transmisi 10-Speed Dual-Clutch, Honda Justru Patenkan Trasmisi 11-Speed Triple-Clutch

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Belum Kelar di Transmisi 10-Speed Dual-Clutch, Honda Justru Patenkan Trasmisi 11-Speed Triple-Clutch  

MOBITEKNO – Sejumlah produsen mobil sudah menawarkan mobil dengan teknologi transmisi 9 percepatan (9-speed automatic transmissions). Beberapa produsen juga bersiap beralih ke transmisi 10 percepatan, termasuk Ford dan Honda yang lebih jauh lagi mengembangkan mesin transmisi kompleks 10-speed dengan dual-clutch transmission.

Seakan tidak ingin didahului, menurut kabar dari AutoGuide, produsen otomotif Honda bahkan dikabarkan sedang mengembangkan dan mematekankan sistem percepatan 11-speed triple-clutch transmission. Aplikasi paten yang tercatat sejak 27 Mei 2016 ini diregistrasikan oleh Honda Motor Co Ltd dengan inovatornya bernama Izumi Masao.

Sejauh ini, transmisi DCT (Dual-clutch transmission) menurut sebagian pihak dianggap menjadi alternatif menarik dan bekerja lebih efisien dibandingkan transmisi otomatik standar yang berbasiskan torque converter.

Seperti diketahui, clutch atau sering disebut kopling adalah sebuah sistem mekanis untuk mentransmisikan tenaga atau power (berupa gerakan putar) dari satu bagian (penggerak) ke bagian lainnya (bagian yang digerakkan).

Dengan dikembangkan sistem transmisi 11-speed triple-clutch oleh Honda maka tentu akan timbiul pertanyaa, apa manfaat utama dari adanya penambahan satu kopling dari desain sebelumnya dengan transmisi dual-clutch.

Kabarnya kopling (clutch) ketiga ini akan bertujuan untuk melakukan pergantian gigi (gear) secara melompat. Misalnya dari gigi 1 bisa langsung ke 3 sehingga lompatan perpindahan gigi akan terasa lebih halus dan cepat. Perpindahan yang halus dianggap berdampak pada penurunan tenaga yang hilang saat pergantian gigi.

Adapun penerapan 11 percepatan (11-speed) lebih ditargetkan untuk mobil dengan transmisi otomatik. Sejauh ini, Honda belum mengumumkan mobil apa saja yang akan dibenamkan dengan jenis transmisi 11-speed triple-clutch terbaru ini kelak. Belum diketahui juga apakah akan dipasangkan ke mobil Honda jenis city car, MPV, SUV atau jenis lainnya.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS