February 25, 2016

Salah Satu Perusahaan Elektronik Tertua Jepang Akhirnya Jadi Milik Foxconn

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Salah Satu Perusahaan Elektronik Tertua Jepang Akhirnya Jadi Milik Foxconn  

MOBITEKNO – Setelah melalui negosiasi yang cukup alot dan panjang, kepemilikan Sharp akhirnya beralih ke raksasa elektronik Taiwan, Foxconn Technology Group. Pengambilalihan Sharp merupakan akuisisi perusahaan Jepang oleh perusahaan asing dengan nilai terbesar yang terjadi selama ini.

Akuisisi ini juga menjadi batu loncatan Foxconn dalam menaikkan citranya sebagai perusahaan elektronik elit global, termasuk memperkuat posisinya sebagai mitra (supplier) penting Apple yang telah berlangsung cukup lama.

Foxconn Technology Group yang secara formal bernama Hon Hai Precision Industry Co., dikabarkan akan menggelontorkan dana sebesar US$ 5.8 miliar (sekitar Rp 78 triliun) ke Sharp. Akusisi perusahaan berusia lebih dari seratus tahun ini dibayangi oleh berita beban hutangnya yang besar dan aliran dana talangan (bailout).

Berhasilnya Foxconn merupakan perjuangan panjang Terry Gou, pendiri Foxconn, selama lima tahun ini sudah melihat pentingnya Foxconn menguasai perusahaan sekelas Sharp agar Foxconn bisa berkompetisi menghadapi rivalnya dari Korea Selatan, Samsung Electronics Co.

Sharp dianggap Foxconn memiliki beberapa teknologi penting yang bisa diandalkan Foxconn untuk memperkuat posisinya sebagai mitra Apple dibandingkan Samsung yang juga menjadi mitra kuat Apple. Akuisisi ini juga memberikan sentimen positif bagi Sharp di pasar saham (naik 4 persen) dengan nilai valuasi berkisar US$ 2.7 miliar.

Meski telah menjadi produsen TV dengan profit besar dan pemasok utama layar untuk Apple iPhone, beberapa tahun ini Sharp harus berjuang menghadapi kurang suksesnya pabrik LCD yang diharapkan memberikan keuntungan besar bagi bisnisnya. Pendirian pabrik yang memakan dana investasi besar tersebut tidak banyak memberikan keuntungan bisnis bagi Sharp di tengah-tengah persaingan pasar.

Berhasilnya Foxconn Sharp juga menandakan berakhirnya usaha pemerintah Jepang, melalui Innovation Network Corp of Japan (INCJ) untuk mengambilalih Sharp di tengah kekhawatiran Jepang akan adanya perpindahan penguasaan teknologi ke pihak asing.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS