November 24, 2016

Nokia akan Hidupkan Kembali Bisnis Smartphone di Tahun 2017

Penulis: Desmal Andi
Nokia akan Hidupkan Kembali Bisnis Smartphone di Tahun 2017  

MOBITEKNO – Rumor kembalinya Nokia untuk berbisnis kembali di industri smartphone sudah beredar beberapa minggu belakangan ini. Namun, dari sebuah slide yang tampil pada acara Nokia Capital Markets Day menunjukkan bahwa Nokia benar-benar akan kembali ke bisnis smartphone di 2017. Bahkan, slide tersebut juga menampilkan informasi Nokia akan menyeriusi bisnis Virtual Reality.

Nokia Capital markets Day merupakan acara rutin Nokia yang membahas dan me-review strategi, operasi, dan target finansial perusahaan. Untuk tahun ini acara ini diselenggarakan di kota Barcelona, Spanyol.

Tidak ada detail lebih lanjut mengenai konfirmasi Nokia kembali ke bisnis smartphone dalam slide tersebut. Namun, banyak kabar mengatakan bahwa Nokia tidak akan sendirian dalam membuat smartphone di tahun depan. Perusahaan asal Finlandia tersebut akan bekerjasama dengan HMD Global dan perusahaan asal Taiwan, Hon Hai Precision Industry Co, yang tidak lain adalah Foxconn.

Seperti dikutip dari Gizmo China, Nokia akan memberikan beberapa patennya untuk dikembangkan oleh HMD Global. HMD Global juga akan mengurusi pemasaran dan penjualan smartphone Nokia beserta aksesorisnya. Sementara Foxconn akan menangani manufaktur dan Research and Development (R&D). Kerjasama ini akan berlangsung selama 10 tahun dan kemudian akan di-review untuk dilanjutkan atau tidak.

Nokia juga mengumumkan bahwa CEO mereka akan menjadi salah satu keynote speakers dalam gelaran Mobile World Congress 2017. Ini juga indikator jelas kembalinya Nokia di bisnis smartphone.

Sumber: Gizmo China

Tags: , , , , ,


COMMENTS