October 24, 2016

Toyota Perkenalkan Bus Hidrogen yang Dapat Difungsikan Sebagai Generator Darurat

Penulis: Desmal Andi
Toyota Perkenalkan Bus Hidrogen yang Dapat Difungsikan Sebagai Generator Darurat  

MOBITEKNO – Ada banyak negara yang sudah memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakar ramah lingkungan untuk moda transportasi. Namun, apa yang diperkenalkan Toyota ini cukup menarik. Baru-baru ini, Toyota memperkenalkan Bus bertenaga hidrogen yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi, tetapi juga bisa menjadi generator darurat. Bus ini dapat menjadi sumber tenaga yang besar untuk memberikan tenaga listrik bagi sebuah area atau gedung. Toyota akan mempersiapkan bus ini pada tahun depan, sebelum Olimpiade musim panas 2020 berlangsung.

“Toyota Group selalu berpikir bahwa hidrogen merupakan sumber tenaga atau energi untuk masa depan,” kata Toyota seperti dikutip dari The Verge. “Bus ini emiliki emisi nol seperti sedan Mirai saat dijual nanti,” lanjut perusahaan tersebut.

 Bus bertenaga hidrogen ini memiliki tenaga yang lebih besar dan powerful dibandingkan platform hidrogen yang diiliki Mirai. Dengan 10 tangki di dalamnya yang dapat memuat 600 liter hidrogen, bus dapat menghasikan energi listrik hingga 235 kwh, tiga kali lebih kuat dari output yang ada pada baterai Tesla Model S. Bahkan dengan energi sebesar itu, cukup untuk menerangi sebuah kamp atau lapangan olahraga tertutup di sekolah-sekolah.

""

Sebenarnya, kendaraan yang dapat berfungsi sebagai generator eksternal tidak hanya dimiliki Toyota. GM Chevy Colorado ZH2 bahkan sedang digunakan oleh angkatan darat Amerika Serikat untuk mendukung sebuah operasi di lapangan.

Rencananya, Toyota akan menjual sekitar 100 bus ini di Tokyo sebelum Olimpiade musim panas berlangsung. Pemerintah Jepang sendiri sudah memiliki komitmen untuk membelanjakan uang sebesar US$ 6 miliar untuk memperbaiki infrastruktir pada transportasi publik, termasuk jalan raya, bandara, rel kereta api, dan upgrade pada beberapa pelabuhan.

Sumber: The Verge

Tags: , , , , ,


COMMENTS