July 24, 2016

Softbank dan Honda akan Kembangkan AI Mobil yang Mengerti Kondisi Pengemudi

Penulis: Desmal Andi
Softbank dan Honda akan Kembangkan AI Mobil yang Mengerti Kondisi Pengemudi  

MOBITEKNO – Setelah mengakuisisi ARM Holding, perusahaan semikonduktor dari Inggris, raksasa telekomunikasi Jepang, Softbank Corp, akan bekerjasama dengan pabrikan otomotif Honda untuk mengembaangkan sebuah mobil yang mengerti situasi dan kondisi pengemudinya.Dikutip dari Leftlane, informasi kerjasama ini dilaporkan langsung oleh Masayoshi Son, Chairman Softbank kepada Fortune belum lama ini.

Latar belakang adanya kerjasama sejalan dengan harapan Masayoshi Son mengenai kendaraaan masa depan. Son membayangkan suatu hari nanti saat mengemudikan mobil, sistem dalam mobil bisa mengerti ‘mood’ (kondisi) pengemudinya sehingga sistem bisa memberikan saran untuk kondisi-kondisi tertentu. Son juga membayangkan sistem dapat membantu pengemudi saat menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Untuk mewujudkan hal ini, kedua perusahaan akan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) di dalam sistem komputer mobi. Keduanya sudah siap untuk melakukannya melalui bantuan robot yang telah dibenamkan teknologi AI sehingga dapat bereaksi saat berinteraksi dengan manusia.

Sejak Juli 2015, Softbank telah membangun lebih ari 1.000 robot Pepper yang dapat mengenali emosi manusia. Dinamakan Pepper karena robot ini memliki bentuk seperti manusia dan terjual dengan cepat hanya dalam waktu 1 menit. Sementara Honda juga telah mengembangkan robot pintar bernama ASIMO yang sudah ada sejak era 1980-an.

Tags: , , ,


COMMENTS