May 24, 2016

Di Pasar India, Smartphone Premium Samsung Pukul Jatuh iPhone

Penulis: Abdillah
Di Pasar India, Smartphone Premium Samsung Pukul Jatuh iPhone  

MOBITEKNO – Di level premium, dua raksasa produsen smartphone kelas dunia, Samsung dan Apple terus bersaing. Angka penjualan manjadi salah satu indikator utama rivalitas diantara keduanya.

Laporan terbaru dari Counterpoint Research menyebutkan di pasar India, produsen smartphone asal Korea Selatan tersebut telah mampu menjual perangkat buatannya yang masuk ke dalam kelas premium 18% lebih banyak dari Apple.

Laporan lain menyebutkan, pangsa pasar Smasung di segmen premium untuk tahun 2015 – 2016 mencapai 47%. Sedangkan Apple hanya mampu mencatat angka sebesar 45%.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, justru Apple ada di atas angin. Produsen smartphone asal Amerika Serikat tersebut memimpin pangsa pasar sebesar 43%, sedangkan Samsung hanya 35%.

Peningkatan grafik penjualan Samsung sehingga merajai pasar smartphone premium di India didorong keberhasilan mereka memasarkan seri S7 Edge dan Note 5 yang terjual dalam jumlah besar.

Dapat disimpulkan, peluncuran Galaxy S7 dan S7 Edge di India tampaknya berada di waktu yang tepat, apalagi dengan penawaran harga yang "lebih kompetitif".

Di sisi lain, kehadiran iPhone SE tak begitu diminati oleh sebagian pengguna karena smartphone yang mengusung layar 4 inci ini dianggap memiliki harga yang terlalu tinggi.

India adalah salah satu negara berkembang dengan pertumbuhan penjualan smartphone tertinggi. Dibandingkan lima negara (Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan), India mencatat pertumbuhan 76% dalam penjualan smartphone.

Samsung sendiri telah berkuasa di pasar India dalam beberapa tahun terakhir. Memiliki varian perangkat untuk berbagai segmen, mereka menempati pangsa pasar sebesar 26,6%, sementara Apple yang berada di segmen premium hanya 2%.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS