August 22, 2016

Menanti Kehadiran Smartphone Luna dari Foxconn di Pasar Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Menanti Kehadiran Smartphone Luna dari Foxconn di Pasar Indonesia  

MOBITEKNO – Foxconn (Foxconn Technology Group) selama ini lebih dikenal sebagai salah satu pabrikan produk elekronik terbesar di dunia dengan sejumlah ‘pelanggan’ kakap, seperti Apple, Sony, Nintendo, Sharp, Toshiba; Nokia, Motorola, Huawei, Amazon hingga Cisco.

Deretan panjang klien yang produknya dibuat di pabrik Foxconn di berbagai negara (Asia, Brazil, Eropa, Mexico) mungkin akan terus bertambah sejalan dengan kepercayaan Apple pada Foxconn untuk terus memproduksi iPhone yang sudah diakui buid quality-nya.

Bermodalkan pengalaman panjang dalam membuat iPhone, tentunya wajar saja jika Foxconn pun ‘tergoda’ untuk membuat smartphone dengan label sendiri. Trademark-nya sebagai pabrikan iPhone selama ini dianggap Foxconn bisa menjadi modal dasar sebagai daya tarik utama di mata konsumen.

Asumsinya, konsumen yang telah mengakui kualitas iPhone tentu menganggap smartpone besutan Smartphone pun akan melalui proses produksi, penggunaan material, hingga quality control yang sama dengan iPhone. Dengan kata lain, kualitas smartphone Foxconn pun akan tidak jauh berbeda bahka setara dengan kualitas produk iPhone.

Kabar Foxconn untuk meluncurkan smartphone buatannya, yakini Luna di pasar lokal sudah terdengar sejak Juni lalu. Di pasar Korea Selatan, smartphone berbasis Android ini terbilang sukses. Sepanjang tahun lalu saja, Luna yang masuk golongan smartphone mid-range berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 28,4 persen di negeri asal smartphone Samsung tersebut.

Seperti juga iPhone, Luna dengan material casing aluminium dibuat melalui proses CNC (computer numeric control) melalui 8 tahapan. Proses manufaktur yang melibatkan komputer untuk pengontrolan mesin menjadikan produk akhir menjadi presisi. Proses CNC 8 tahap ini mencakup Internal Structure & Processing, Antenna structure processing, Screen structure processing, 3D side hoe machining, 360 drilling Qieja, Structure & Milling, dan Overall Polishing Process.

Luna dengan sistem Android 6.0 Marshamallow dan berlayar 5,5 inci (Full-HD, 1920 x 1080 pexel) sesuai segmentasinya sebagai smartphone menengah (mid range) datang dengan spesifikasi, seperti prosesor 32 bit Qualcomm Snapdragon 801 (2,5 GHz), RAM 3 GB, kamera utama 13 MP (aperture f/2.0, dual LED flash), kamera depan/selfie 8 MP (aperture f/1.8 dengan lensa full frame wide angle), internal storage 64 GB (dukung external storage MicroSD hingga 128 GB), dan kapasitas baterai 2.900 mAH.

Terry Gou, CEO Foxconn menyatakan, “Kombinasi prosesor kencang dan RAM besar membuat performa smartphone ini luar biasa. Kinerjanya dijamin cepat dan mulus saat dipakai untuk bermain game 3D yang heavy hingga menjalankan banyak aplikasi sekaligus.”

Pada aspek konektvitas, Luna juga telah mendukung standar 4G LTE dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dan navigasi GPS, A GPS, dan GLONASS. Smartphone ini pun dibekali beragam sensor, di antaranya Proximity/ALS, G-Sensor, E-Compass, Gyro, dan Hall sensor yang banyak digunaklan pada berbagai aplikasi dan game.

Meski strategi pemasaran Luna yang diklaim Foxconn memiliki material, proses finishing, hingga quality control setara iPhone cukup menuai hasil di Korea Selatan. Akankah startegi yang sama juga efektif di pasar Indonesia yang sudah sangat kompetitif ini? Kita tunggu saja saat Luna benar-benar menyambangi pasar lokal nanti.

 

Body

 

 

Dimension

157.6×77.1×7.38mm

Size

186g

Colour 

Dark grey, Warm Silver

Display

 

Size

5.5 inch

Resolution

HD 1080P Full (1920 x 1080) LTPS TFT

Processor

CPU Speed

2.5 GHz

 

CPU Type

Qualcomm Snapdragon, Quad-Core 2.5 GHz 

Memory

 

 

RAM

3 GB

ROM

64 GB

Extended

Micro SD up to 128 GB

Connectivity

 

 

 

 

 

 

Network

4G LTE, 3G WCDMA, EDGE, GPRS

SIM type

Micro SIM

Bluetooth

Bluetooth v4.0

Location technology

GPS / AGPS / GLONASS

NFC

Support

Wi-Fi

802.11/a/b/g/n/ac, WiFi Direct

Jack audio

3.5mm stereo

Camera

 

 

 

Main (rear) 

13 MP AF (F2.0)

Front

8 MP  FF (F/1.8) 800 wide angle

Flash

Dual Flash

Module

Sony Sensor

Battery

 

 

Capacity

2,900 mAh

Talk time (WCDMA/LTE)

15 hours/9 hours 30 minutes

OS

Android 6.0  Marshmallow

Sensor

Accelerometer, Light Sensor, Orientation Sensor, Gyrososcope, Magnetic Sensor, 3D Gravity, Promixity, E-compass.

Other

Smart amplifier, microSD card/second nano SIM with slot 2

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS