July 22, 2016

Buka Wawasan akan Potensi Big Data, Mediatrac akan Gelar ‘Data For Life 2016’

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Buka Wawasan akan Potensi Big Data, Mediatrac akan Gelar ‘Data For Life 2016’  

MOBITEKNO – Mediatrac, perusahaan Big Data Analytics, akan menggelar konferensi ‘Data For Life 2016’ mulai tanggal 27 hingga 31 Agustus 2016 di Jakarta. Sebagai kelanjutan dari ajang Big Data Week Indonesia tahun lalu, ‘Data For Life 2016’ diharapkan menjadi kolaborasi awal Mediatrac dengan berbagai institusi lain dalam membangun ekosistem dan membuka wawasan masyarakat Indonesia mengenai besarnya potensi Big Data Analytics dan IoT (Internet-of-Things) dalam memajukan kehidupan manusia.

Saat ini, teknologi Big Data Analytics sudah mulai dimanfaatkan pelaku bisnis sebagai sarana untuk meningkatkan penghasilan, optimalisasi proses, menggali insight, dan lain-lain. Namun, teknologi ini pun juga bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

Misalnya, adanya sistem Smart-City untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan layanan publik, layanan kesehatan (seperti sistem penanggulangan epidemi yang lebih cerdas), aplikasi solusi kemacetan, berbelanja, hingga penerapannya dalam menciptakan karya seni yang lebih interaktif dan menarik. Topik-topik inilah yang coba diangkat lebih jauh di ajang ‘Data For Life 2016’ tersebut.

Berkaitan dengan visi yang melatarbelakangi ajang ini, Regi Wahyu, CEO Mediatrac menyatakan, “Selain bermanfaat di sektor bisnis, teknologi Big Data juga dapat meningkatkan kehidupan manusia secara umum. Teknologi ini memungkinkan untuk Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara maju karena seluruh dunia masih “belajar” mengadaptasi potensi Big Data”.

“Oleh karenanya, kami mengajak berbagai pihak lebih membuka wawasan soal Big Data ini agar dapat memanfaatkan potensinya untuk kemajuan di negara kita”, tambah Regi Wahyu.

‘Data For Life 2016’ akan menghadirkan pembicara kelas dunia, seperti Marc Goodman (Pakar Cybersecurity & Pengarang Buku Future Crimes), Sangeet Choudary (CEO Platform Thinking Labs dan pengarang buku Platform Thinking), Sey Min (Data Visualization Artist), Sunita Kaur (Managing Director Spotify Asia), Julie Freeman (Artist & TED Fellow), Venzha Christiawan (Artist & Founder House of Natural Fiber (HONF), dan lain-lain.

Ajang ini berisi beragam program acara (, antara lain ‘Data for Life Conference’, ‘Sci-Fi Hardware Hackathon’, ‘Student Session’, ‘SETI Symposium’, ‘Technology & Business Workshop’, dan Tech-Art Exhibition.

Selain, pelaku bisnis dan peminat teknologi, ajang ini juga mengundang para pelajar dan mahasiswa untuk memperluas wawasan sains dalam berbagai kehidupan, baik di bumi dan di luar bumi. Jadwal lengkap, rincian, dan reservasi tiket untuk setiap program acara dapat diakses melalui di website resminya di alamat ini (www.dataforlife.co).

 

Tags: , , , ,


COMMENTS