June 22, 2016

Telkomsel Perkuat UKM Perempuan Nusantara dengan TCASH

Penulis: Eko Lannueardy
Telkomsel Perkuat UKM Perempuan Nusantara dengan TCASH  

MOBITEKNO – Dalam upaya mempercepat terbentuknya ekosistem berbasis layanan keuangan digital, Telkomsel bekerjasama dengan Muslimat Nahdlatul Ulama (MNU) belum lama ini telah bekerja sama untuk memfasilitasi kebutuhan transaksi jual-beli dan pembayaran secara non tunai melalui layanan TCASH bagi para anggota komunitas Perempuan Nusantara (Penara).

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, "Kami menggandeng komunitas Penara untuk mendukung aktivitas wirausaha mereka agar bisa bertransaksi secara cashless, sehingga memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi. Inilah salah satu upaya kami untuk memberdayakan perekonomian masyarakat melalui layanan keuangan inklusif."

Melalui kerjasama ini, para anggota komunitas Penara dapat berperan sebagai merchant TCASH, di mana seluruh transaksi jual-beli dilakukan melalui layanan keuangan digital tersebut. Selain itu, para anggota komunitas Penara juga dibimbing menjadi agen TCASH untuk melayani kebutuhan pelanggan TCASH.

Ke depannya, para anggota Penara juga dapat menikmati fasilitas komunikasi telepon dan SMS ke sesama anggota secara gratis. Dalam waktu dekat, Telkomsel berupaya melayani sekitar 30.000 anggota komunitas Penara dengan total jumlah merchant TCASH sebanyak 300 UKM dari komunitas tersebut.

Ketua MNU Khofifah Indar Parawansa mengatakan, "Kami percaya Telkomsel dengan jangkauan jaringan terluas dan berkualitas hingga menyentuh hampir seluruh wilayah populasi Indonesia mampu mendukung kami dalam mewujudkan visi kami yang juga sejalan dengan visi Telkomsel dalam membentuk ekosistem bisnis digital yang terpadu."

Saat ini Telkomsel juga bekerjasama dengan pemerintah pada pra uji coba pemanfaatan TCASH sebagai alternatif solusi mekanisme penyaluran bantuan sosial non tunai bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan distribusi bantuan sosial secara non tunai menjadi lebih tepat sasaran.

"Jumlah pelanggan terbanyak, jaringan distribusi yang merata, dan jangkauan jaringan terluas secara nasional yang dimiliki Telkomsel menjadi faktor yang menentukan penggunaan TCASH sebagai media yang efektif untuk mempercepat terwujudnya inklusi layanan keuangan digital untuk semua masyarakat Indonesia," jelas Ririek.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS