May 22, 2016

Qualcomm Dukung Android dalam Mobil dengan Prosesor Snapdragon 820A dan 602A

Penulis: Desmal Andi
Qualcomm Dukung Android dalam Mobil dengan Prosesor Snapdragon 820A dan 602A  

MOBITEKNO – Di tengah-tengah acara Google I/O 2016, Qualcomm Incorporated melalui anak perusahaannya Qualcomm Technologies Inc mengumumkan kerjasama dengan Google untuk membawa kekuatan sistem android ke dalam mobil. Adanya kerjasama ini diharapkan dapat membantu para produsen mobil untuk membuat sistem hiburan yang bertenaga dengan menggunakan Android sebagai platform dasarnya. Dengan demikian hal ini dapat memudahkan penggunaan aplikasi yang terkoneksi dengan internet, sekaligus memberikan pengalaman mengemudi yang lebih aman dan intuitif.

Untuk kinerja sebuah mobil dengan Android in car, Qualcomm menyediakan dua jenis prosesor, yaitu Qualcomm Snapdragon 820A dan Qualcomm Snapdragon 602A. Mobil konsep yang menggunakan prosesor-prosesor ini sempat didemonstrasikan pada Google I/O 2016 inggu ini. Mobil konsep ini menampilkan hiburan yang terkoneksi dengan internet berkat adanya CPU berdesain khusus, performa GPU yang menakjubkan, modem LTE X12 yang mampu memberikan kecepatan Cat 12, dan kemampuan memproses video yang unggul.

“Google berkomitmen untuk membuat Android menjadi sebuah platform yang menggerakkan inovasi di ranah otomotif,” ujar Patrick Brady, Director of Android Engineering Google. “Kami saat ini berkolaborasi dan membina hubungan erat dengan para pemimpin industri seperti Qualcomm Technologies Inc untuk menghadirkan keunggulan Android ke dalam mobil secara aman dan mulus,” tambah Brady.

Dengan keberadaan prosesor Qualcomm Snapdragon 820A dan 602A, para produsen mobil, pemasok, dan pengembang otomotif dapat membuat solusi hiburan dalam mobil berbasis Android melalui Automotive Development Platform (ADP). ADP ini dapat dibeli melalui situs Intrinsyc yang akan memberikan akses ke dalam platform untuk pengembangan, probaan, optimalisasi, dan menunjukkan solusi hiburan generasi berikutnya.

“Kombinasi prosesor Snapdragon Automotive dan Android akan memungkinkan ekosistem otomotif untuk membuat mobil yang terkoneksi dengan internet dan platform hiburan mutakhir,” kata Nakul Duggal, Vice President Product Management, Qualcomm Technologies Inc. “"Android sebagai sistem operasi hiburan dalam mobil akan memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk berinteraksi dengan kendaraan mereka melalui cara baru dan menarik. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Google dan ekosistem otomotif untuk memberikan pengalaman dalam mobil ke generasi berikutnya,” tutup Duggal.

Tags: , , ,


COMMENTS