February 22, 2016

Samsung Gear 360, Kamera Mini yang Mampu Menangkap Objek 360 Derajat

Penulis: Desmal Andi
Samsung Gear 360, Kamera Mini yang Mampu Menangkap Objek 360 Derajat  

MOBITEKNO – Saat memperkenalkan flagship baru, Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, Samsung juga memperkenalkan device lain yang menarik yang dapat dipasangkan pada kedua smartphone baru tersebut di acara Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol. Samsung merilis Gear 360, sebuah kamera mini berbentuk bulat dengan dua buah lensa yang diposisikan bertolak belakang, serta ditopang tripod mini yang berbentuk unik.

Walaupun berukuran kecil, Samsung Gear 360 didesain khusus sehingga tidak hanya dapat melihat objek satu arah, tetapi ke semua arah. Masing-masing lensa yang ada di Gear 360 ini dapat menangkap objek dengan sudut pandang 195 derajat. Sudut pandang yang lebar, masih ditambah dengan bukaan f/2.0. Melalui aplikasi khusus yang bisa dipasangkan di Galaxy S7 dan S7 Edge, hasil tangkapan Gear 360 akan diproses untuk menyatukan hasil dua lensa sehingga akan membentuk sebuah video 360 derajat.

“Melalui Samsung Gear 360, Anda bisa merasakan pengalaman VR buatan sendiri,” ujar Pranav Mistry, Vice President of Research Samsung. “Ini bukan hanya menampilkan Virtual Reality, tetapi other reality,” tambah Mistry.

Untuk menyimpan hasil tangkapan objek, Gear 360 dibekali dengan slot micro SD berkapasitas hingga 128 GB. Di bagian atas terdapat layar PMOLED monokrom untuk melihat dan mengatur setting. Tidak seperti Galaxy S7 dan S7 Edge yang tahan air, Gear 360 hanya tahan terhadap debu dan kotoran. Mengenai harga, Samsung belum menginformasikan masalah ini. Mereka pun belum tahu kapan produk unik ini siap dijual di pasar.

Tags: , , , ,


COMMENTS