February 22, 2016

Lazada Kampanyekan Super App Sale, Buktikan Aplikasi Mobile Terus Tumbuh

Penulis: Eko Lannueardy
Lazada Kampanyekan Super App Sale, Buktikan Aplikasi Mobile Terus Tumbuh  

MOBITEKNO – Sebagai rangkaian Super App Sale yang dilaksanakan mulai tanggal 25 hingga 28 Februari 2016, Lazada Indonesia pada hari ini, 22 Februari 2016 menggelar sebuah acara bertajuk "Indonesia Pegang Smartphone". Selain itu, acara ini sengaja digelar untuk mendorong penggunaan aplikasi di Tanah Air.

Seperti dipaparkan Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia di hadapan sejumlah media di Jakarta bahwa pertumbuhan aktivitas digital terus mengalami peningkatan di Tanah Air. Hal ini juga berdampak pada industri ekonomi digital yang dianggap mendapatkan dorongan pertumbuhan yang luar biasa dari penggunaan aplikasi di smartphone.

"Sekitar 85% pengguna smartphone di Tanah Air memiliki 10 hingga 15 konten aplikasi mobile dan hingga sekitar 10% memiliki lebih dari 40 aplikasi mobile. Jumlah tersebut terbilang wajar karena kebiasaan pengguna smartphone yang selalu memeriksa atau melihat smartphone yang ada di tangannya setiap lima menit sekali," ujar Magnus.

Perkembangan penggunaan aplikasi mobile di Indonesia juga didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ditambahkan oleh Magnus, beberapa faktor yang mendukung perkembangan teknologi aplikasi mobile diantaranya adalah kemunculan tren-tren terbaru, pertumbuhan bisnis e-commerce serta fasilitas pendukung keamanan saat bertransaksi.

Hal senada juga ditegaskan oleh Kun Arief Cahyantoro, pengamat e-commerce asal ITB. Ia menegaskan bahwa tahun 2016 akan menjadi tahun emas bagi pertumbuhan aplikasi mobile. Diperkirakan, aplikasi mobile tumbuh mencapai 45%, dimana hal tersebut akan memberi manfaatkan yang besar terhadap peningkatan performa industri e-commerce di Tanah Air.

"Melalui aplikasi mobile, nantinya penyedia barang dan jasa akan memiliki kemampuan untuk mendeteksi segmentasi pasar. Dengan begitu, bisa lebih fokus untuk meningkatkan jumlah transaksi jual-beli. Terpenting, aplikasi mobile yang dikembangkan perlu mengimplementasikan sistem keamanan yang lebih terjamin bagi penggunanya," ujar Arief.

Terkait dengan kualitas aplikasi mobile yang dikembangkan oleh developer Tanah Air, di acara ini juga hadir Narenda Wicaksono selaku CEO Dicoding Indonesia. Ditegaskan oleh Narenda bahwa talenta dan kualitas yang dimiliki developer Indonesia juga tidak kalah dibandingkan dengan developer lainnya di Asia Tenggara.

"Keuntungan yang dimiliki oleh pengembang aplikasi lokal adalah kemampuannya membaca pasar Indonesia. Dengan begitu, mereka dapat lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi mobile yang mengakomodasi kebutuhan pasar. Tantangannya, mereka para developer juga harus pintar memenuhi kebutuhan konsumen yang dinamis," ujar Narenda.

Tak hanya menawarkan beragam penawaran menarik, lewat Super App Sale, Lazada Indonesia juga menghadirkan berbagai macam kegiatan menarik yang memungkinkan pengguna aplikasi mobile Lazada memiliki pengalaman berbelanja online lebih menyenangkan. Aplikasi mobile Lazada juga dapat Anda unduh melalui Google PlayStore atau Apple Store.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS