May 21, 2016

Tiga Tim Mahasiswa Indonesia akan Unjuk Gigi di Shell Marathon Drivers World Championship

Penulis: Desmal Andi
Tiga Tim Mahasiswa Indonesia akan Unjuk Gigi di Shell Marathon Drivers World Championship  

MOBITEKNO – Ajang Shell Eco Marathon Drivers Championship akan digelar pada 3 Juli 2016 mendatang. Ajang yang baru pertama kali digelar Shell ini melengkapi ajang Shell Eco Marathon yang selama ini selalu digelar di Asia, Eropa, dan Amerika. Dengan adanya Shell Eco Marathon Drivers World Championship, para kampium Shell Eco Marathon di ketiga wilayah (Asia, Eropa, dan Amerika) tersebut akan diadu lagi untuk menentukan tim mahasiswa mana yang bisa menghasilkan mobil yang paling cepat dan hemat di dunia.

Di ajang Shell Eco Marathon Asia yang belum lama berlangsung, tiga tim mahasiswa Indonesia mampu memperoleh juara di beberapa kategori. Oleh sebab itu, tim Sadew dari UI, tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia turut diundang untuk berkompetisi di Shell Eco Marathon Drivers World Championship yang akan berlangsung di Elizabeth Olympic Park, London, Inggris.

“Ketiga tim Indonesia ini akan menghadapi tantangan yang berbeda dengan yang mereka hadapi di Shell Eco Marathon Asia (SEMA). Jika di SEMA ditantang untuk menciptakan mobil paling efisien dalam penggunaan energi dan pemenang ditentukan oleh jarak terjauh yang dapat dicapai dengan 1 liter bensin, di Shell Eco Marathon Drivers World Championship ini mereka ditantang untuk menciptakan mobil yang paling cepat mencapai garis finish sekaligus paling hemat bahan bakar,” ujat Haviez Gautama, GM External Relation PT Shell Indonesia. “Jumlah bahan bakar yang digunakan pada ajang balap Shell Eco Marathon Drivers World Championship juga akan ditentukan oleh hasil terbaik dalam kualifikasi Shell Eco Marathon Eropa,” tambah Haviez.

Ajang balap Shell Eco marathon Drivers World Championship sendiri akan dibagi dalam tiga pertandingan balapan yang masing-masing terdiri dari delapan peserta. Mereka yang akan maju ke babak final adalah dua tim yang mencapai garis finish paling cepat, serta dua tim di posisi kedua yang paling cepat di setiap pertandingan. Jadi, total akan ada delapan mobil saja yang bisa mengikuti ajang final Shell Eco Marathon Drivers World Championship.

Tags: , , ,


COMMENTS