September 20, 2016

Akses Aman dan Tanpa Batas dengan VPN Gratis Kini Tersedia di Browser Desktop Opera 40

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Akses Aman dan Tanpa Batas dengan VPN Gratis Kini Tersedia di Browser Desktop Opera 40  

MOBITEKNO – Setelah sebelumnya hanya tersedia di browser Opera untuk komputer (Opera Desktop) versi pengembang (Opera Developer), Opera akhirnya secara resmi meluncurkan fitur VPN (Virtual Private Network) yang terintegrasi langsung dalam browser terbaru (Opera 40.0.2308.54) hari ini (20/9/2016).

Ini artinya, pengguna browser Opera bisa langsung berselancara tanpa batas secara lebih mudah, gratis, dan tanpa perlu mendaftar pada suatu layanan. Dengan peluncuran ini, Opera bisa disebut sebagai browser besar pertama yang meluncurkan layanan VPN terintegrasi pada browser. 

Krystian Kolondra, Senior VP Opera Desktop, dalam sambutannya menyatakan, "Berdasarkan survey yang kami lakukan, kami tahu bahwa pengguna Internet peduli tentang privasi online mereka dan kebutuhan untuk VPN juga meningkat.”

“Namun, ada dua hambatan utama yang menghalangi orang untuk menggunakan VPN. Pertama, VPN dianggap terlalu rumit digunakan, kedua mereka harus berlangganan bulanan. Opera menyelesaikan kedua masalah ini dengan memperkenalkan layanan VPN gratis yang mudah penggunaannya dan langsung terintegrasi pada browser," tambahnya.

Menurut Krystian, jika pengguna tahu bagaimana Internet bekerja, saya percaya mereka semua akan memakai VPN," Dengan menggratiskan VPN pada Opera untuk komputer dan membuat fitur ini sangat mudah digunakan, kami memberikan sarana penting untuk meningkatkan keamanan para pengguna kami.

“Ibaratnya, jika Anda memiliki rumah, VPN adalah kunci dan gembok pada rumah Anda," demikian analogi Krystian.

Ketika diaktifkan, fitur VPN pada browser Opera (Windows dan Mac OS) akan membuat koneksi ke salah satu dari lima server Opera di seluruh dunia (Kanada, Jerman, Belanda, Singapura, AS). VPN memungkinkan pengguna untuk memilih lokasi mana yang akan muncul di Internet untuk memberikan pengguna dukungan privasi online dan keamanan serta memudahkan akses konten.

Di versi terbaru Opera untuk Komputer ini, pengguna juga dapat membiarkan Opera memilih sendiri dengan pintar lokasi server mana yang paling optimal berdasarkan faktor-faktor seperti kecepatan jaringan, waktu penangguhan, lokasi dan kapasitas server. Pada saat layanan VPN digunakan dalam mode lokasi otomatis, browsing melalui VPN akan dapat memberikan kecepatan maksimum yang tersedia.

Fitur VPN yang dibenamkan dalam browser Opera ini didukung oleh teknologi SurfEasy (anak perusahaan Opera) yang memproteksi koneksi dengan enkripsi 256 bit AES ke lokasi VPN virtual dan layanan tanpa mendaftar.

Poin terakhir penting artinya karena ini berarti Opera ataupun SurfEasy tidak akan menyimpan informasi tentang jejak atau riwayat aktivitas browsing dari pengguna.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS