June 20, 2016

40 Juta Tweet dalam Sebulan jadi Bukti Kepopuleran Grup K-Pop BTS di Seluruh Dunia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
40 Juta Tweet dalam Sebulan jadi Bukti Kepopuleran Grup K-Pop BTS di Seluruh Dunia  

MOBITEKNO – Kepopuleran grup boy band asal Korean Selatan, BTS (Bangtan Boys), di berbagai belahan dunia, sudah diakui oleh banyak pihak. Media Forbes bahkan pernah menunjuk boy band hip hop beranggotakan tujuh anak muda ini sebagai sebagai grup/artis yang paling banyak di-retweet di oleh penguna Twitter sepanjang bulan Maret 2016 lalu.

Kepopulerannya di dunia sosmed tampaknya masih akan terus berlanjut. Sebagai rangkaian dari kompetisi global yang digelar BTS di Twitter sekitar satu bulan (13 May – 11 Juni) ini, tagar #BTS, #LoveBTS, dan emoji spesial untuk BTS (@BTS_twt) berhasil menjadi trending topic di Twitter.

Perbincangan hangat oleh penggemarnya selama 30 hari ini mencatatkan 39 juta Tweet dengan tagar tersebut di seluruh dunia. Para penggemar BTS dari berbagai negara tampkan ingin berlomba-lomba untuk menjadi lima negara teratas dengan jumlah Tweet terbanyak.

Hasilnya, penggemar BTS asal Brazil-lah yang menjadi negara yang paling banyak melakukan Tweet dengan tagar #BTS, #LoveBTS dalam kompetisi global tersebut. Setelah Brazil, penggemar dari dari Turki, Rusia, Thailand, dan Korea Selatan bertutur-turut menjadi pemenang kedua, ketiga, keempat dan kelima.

Bagaimana dengan Indonesia? Meski warganya dikenal juga suka akan musik K-Pop, pengemar BTS di Indonesia masih kalah ‘fanatik’ dibandingkan kelima negara tersebut, bahkan masih di kalah dari penggemar BTS di Filipina (peringkat ke-6) yang populasi masih jauh dibandingkan Indonesia (peringkat ke-7).

Dari daftar 10 negara ini bisa disimpulkan bahwa grup K-Pop BTS juga populer di luar benua Asia, seperti Turki (peringkat ke-2), Rusia (peringkat ke-3), dan Amerika Serikat (peringkat ke-10). Sayangnya tingkat kepopuleran BTS di Cina tidak dapat diketahui mengingat layanan Twitter masih diblokir hingga saat ini.

Sebagai hadiahnya, lima negara pemenang mendapatkan video ucapan selamat (greeting video) spesial dari Bangtan Boys. Sejak hari ini (20/6/2016), BTS mengeluarkan video terima kasihnya kepada seluruh penggemar mereka. Hingga saat ini, Tweet mereka tersebut telah di-retweet sebanyak lebih dari 35 ribu kali.

‘Ciutan’ terima kasih dari @BTS_twt juga merupakan tweet yang paling viral selama kompetisi ini berlangsung. Tweet tersebut telah di-retweet sebanyak lebih dari 95.000 kali dan videonya pun telah ditonton sebanyak 5,5 juta kali di Twitter.

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS