November 19, 2016

Diam-Diam, Google Sudah Mulai Selipkan Film 4K di Layanan Google Play Movies

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Diam-Diam, Google Sudah Mulai Selipkan Film 4K di Layanan Google Play Movies  

MOBITEKNO – Di samping infrastruktur dan ketersedian perangkatnya (TV atau display device lainnya) di level mainstream, salah satu pendorong kuat dalam menghadirkan teknologi video berformat 4K adalah ketersediaan konten secara luas bagi konsumen.

Hal inilah yang dilakukan berbagai broadcaster dan content provider yang perlahan mulai menyediakan konten film atau video dengan format 4K. Selain layanan, hard copy berformat Ultra HD Blu-ray juga sudah mendukung video berformat 4K.

Perlu ditekankan di sini, jika berbicara mengenai video resolusi 4K untuk TV, monitor, atau display lainnya, biasanya yang dimaksudkan adalah video dengan resolusi 3840 x 2160 pixel. Terkadang, produsen TV lebih memilih menggunakan istilah UHD atau Ultra High Definition pada produknya agar tidak rancu dengan definis digital cinema resolution 4K yang mengacu pada resolusi 4096 x 2160 pixel.

Meski baru hadir di beberapa negara, beberapa broadcaster dan content provider sudah mulai menyediakan konten 4K. Contohnya, Netflix, Amazon Instant Video, YouTube, Sony Playstation Video, DirecTV, atau Dish Network. Khsuus di Indonesia, layanan layanan internet dan multimedia First Media juga mulai merintis konten 4K di beberapa kanalnya (channel).

Seperti juga format Full-HD (1080p), adopsi 4K secara luas di konsumen masih akan membutuhkan waktu beberapa tahun mendatang. Salah satu pihak yang dianggap bisa menggakselerasi adopsi 4K adalah raksasa Internet Google. Selain YouTube, layanan VoD-nya (video on demand), ‘Google Play Movies & TV’ juga mulai menunjukkan tanda-tanda akan memperbanyak koleksi konten 4K-nya kedepan.

""

Pada peluncuran smartphone Pixel belum lama, Google sempat mengindikasikan akan menghadirkan to film-film 4K meski tidak menyebutkan jadwal pastinya. Google tampaknya tidak sekadar berjanji karena belum lama ini beberapa pengguna Reddit melaoprkan telah menemukan adanya beberapa konten 4K di Google Play Movies, seperti ‘Zoolander’, ‘This is The End’, atau ‘Star Trek: The Fifth Element’ telah tersedia meski belum dapat dibeli.

Sejauh ini Google sudah mengkonfirmasi bahwa adanya film 4K di layanan Google Play Movies belum resmi diumumkan tanpa memberikan alasan adanya beberapa pengguna yang bisa mengakses beberapa film 4K tersebut

Penampakan beberapa film 4K ini memunculkan dugaan rencana Google untuk meluncurkan kehadiran film 4K di layanannya Google Play Movies & TV pada bulan November ini. Mengingat libur akhir tahun sudah semakin dekat dan perangkat streaming Chromecast Ultra yang mendukung streaming konten 4K juga sudah dirilis, dugaan ini cukup punya asalan. Kita tunggu saja.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS