April 19, 2016

Zahir Accounting Buktikan Eksistensinya Sebagai Software Akuntansi Lokal Selama Dua Dekade

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Zahir Accounting Buktikan Eksistensinya Sebagai Software Akuntansi Lokal Selama Dua Dekade  

MOBITEKNO – Zahir Accounting merupakan satu dari sedikit software lokal yang bisa bertahan selama dua dekade di tengah-tengah arus datangnya software akuntansi global di pasar Indonesia. 

Zahir Accounting adalah software manajemen bisnis yang membantu pengelolaan dan penyajian laporan berbagai aktivitas bisnis, seperti penjualan, pembelian, stock, keuangan, akuntansi, aset, proyek, dan lain-lain. Di samping menyediakan Zahir Acccounting yang telah masuk versi ke-6, Zahir Internasional jutga telah menghadirkan Zahir Online berbasis teknologi cloud.

Sejak berdiri tahun 1996, Zahir Accounting telah berhasil mendapatkan pengghargaan bukan hanya dari lembaga nasional tapi juga dari lebaga internasional.

Menurut Muhamad Ismail, CEO PT. Zahir Internasional, “Selain penghargaan dari berbagai lembaga nasional maupun internasional, hal yang paling penting justru adalah pengakuan dari para pelanggan kami.”

“Pada umumnya, para pelanggan Zahir menyatakan puas menggunakan Zahir Accounting. Bahkan, tidak sedikit pelanggan yang memberikan testimoni bahwa kinerja Zahir Accounting melebihi ekspektasi mereka,” tutur Muhamad.

PT Zahir Internasional merupakan perusahaan pengembang software akuntansi dengan merek Zahir Accounting sejak tahun 1996. Berawal dengan versi Zahir 1.0, software akuntansi ternama di Indonesia ini sudah berkembang pesat menjadi hingga Zahir Acccounting versi 6 dan Zahir Online berbasis cloud.

Zahir Accounting telah digunakan lebih dari puluhan ribu perusahaan. Mereka adalah perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang seperti dagang dan distribusi, logistik, kontraktor, lembaga non profit, manufaktur, hingga perusahaan asing (PMA) yang beroperasi di Indonesia.

Muhamad mengaku, pihaknya menerima banyak sekali kesaksian atau umpan balik dari para pelanggan Zahir Accounting. Salah satunya adalah Cardig Logistic, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang logistik.

Mengutip pernyataan Chairul Julian, Direktur Cardig Logistic, perusahaannya telah menggunakan software buatan asing sejak tahun 2009 sudah. Namun, dalam pengoperasiannya, pengguna (user) sering sekali menemui berbagai kendala dalam penggunaannya.

Berangkat dari kejadian tersebut, Ia mulai berpikir untuk menggunakan software lokal Zahir Accounting. Maka, sejak tahun 2010, Cardig Logistic pun kahirnya menggunakan software Zahir Accounting.

“Awalnya kami prediksi software Zahir butuh waktu enam bulan untuk bisa digunakan secara normal, namun di luar dugaan, semua sistem berjalan dengan baik dalam waktu tiga bulan saja,” ujar Chairul Julian.

Pendapat senada datang dari Beresman Silitonga, Deputi Direktur Keuangan, Cardig Logistic. Menurutnya, ada tiga benefit dengan memakai Zahir Accounting, antara lain pembuatan laporan yang cepat, kemudahan penginputan bagi user, dan cetak invoice langsung dari Zahir. “Point ketiga ini sangat membantu bagi kami,” tambah Beresman Silitonga.

Pengakuan terhadap Zahir Accounting juga diungkapkan Hendy Setiono, pemilik dan pendiri PT Baba Rafi Indonesia. Pebisnis waralaba kuliner bermerek Kebab Turki Baba Rafi dengan lebih dari 1.000 outlet yang tersebar di delapan negara ini menyatakan, “Zahir Accounting sangat membantu PT Baba Rafi Indonesia dalam menunjang pencatatan keuangan sekaligus menilai kinerja keuangan dengan cepat dan tepat.”

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS