January 19, 2016

PT Garuda Indonesia, Perusahaan Penunjang Pariwisata Favorit di Mata Pengguna Jobplanet

Penulis: Eko Lannueardy
PT Garuda Indonesia, Perusahaan Penunjang Pariwisata Favorit di Mata Pengguna Jobplanet  

MOBITEKNO – Terkait dengan potensi industri pariwisata, Jobplanet telah merilis daftar sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak mendapatkan review di Jobplanet.com. Tak hanya itu, ada juga daftar sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak menarik perhatian para pengguna Jobplanet di Indonesia.

Kedua daftar tersebut disusun berdasarkan analisis terhadap data berbagai perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata, termasuk perusahaan transportasi penunjang pariwisata, perusahaan perhotelan, serta perusahaan jasa perjalanan wisata yang terdapat dalam database Jobplanet.

PT Garuda Indonesia Tbk ada diperingkat pertama dalam sepuluh daftar perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak mendapatkan review di Jobplanet mencapai 9,06%. Diperingkat kedua dan ketiga di duduki oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Lion Mentari Airline yang masing-masing mencapai 6,16% dan 5,71%.

Jumlah review terbanyak diberikan oleh para karyawan dan mantan karyawan dari 871 perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata. Total jumlah review dari seluruh perusahaan tersebut per akhir Desember 2015 adalah sebanyak 2.645, yang terdiri dari review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja.

Sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak mendapatkan review di Jobplanet:

1. PT Garuda Indonesia Tbk (9,60%)
2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (6,16%)
3. PT Lion Mentari Airlines (5,71%)
4. PT Blue Bird Tbk (1,89%)
5. PT Aston International (1,85%)
6. PT Express Transindo Utama (1,36%)
7. PT Indonesia AirAsia (1,17%)
8. PT Sriwijaya Air (1,10%)
9. Hotel JW Marriott (1,02%)
10 PT Grahawita Santika atau Santika Hotel & Resorts (0,95%)

PT Garuda Indonesia Tbk juga meraih peringkat pertama, yakni sebesar 36% untuk perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling menarik perhatian pencari kerja dan pengguna Jobplanet di Tanah Air. Sedangkan di posisi kedua, ada PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan raihan nilai mencapai 16,78% dan Holland America Line sebanyak 8,22%.

Daftar tersebut disusun berdasarkan jumlah pageviews atau kunjungan ke laman-laman berisi profil dan review perusahaan-perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata di Jobplanet, selama bulan November hingga Desember 2015. Jobplanet mencatat total kunjungan ke laman berisi profil dan review dari sepuluh perusahaan di atas mencapai sekitar 60.000 pageviews selama dua bulan terakhir di tahun 2015.

Sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling menarik perhatian pencari kerja dan pengguna Jobplanet di Indonesia: 

1. PT Garuda Indonesia Tbk (36,00%)
2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (16,78%)
3. Holland America Line (8,22%)
4. PT Lion Mentari Airlines (5,89%)
5. Hotel JW Marriott (3,28%)
6. PT Aston International (2,57%)
7. PT Blue Bird Tbk (2,54%)
8. PT Sriwijaya Air (1,92%)
9. PT Indonesia AirAsia (1,79%)
10. Hotel Mulia Senayan Jakarta (1,46%)

“Jobplanet memahami tantangan yang dihadapi oleh para pencari kerja di Indonesia, terlebih lagi dengan diberlakukannya MEA. Kami berharap daftar yang kami rilis ini dapat bermanfaat bagi para pengguna Jobplanet serta para pencari kerja dan pekerja di sektor pariwisata yang ingin meningkatkan karier mereka,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Jobplanet sendiri merupakan situs online yang menampilkan review tentang budaya dan suasana kerja di perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja. Hingga saat ini, Jobplanet telah memiliki lebih dari 250.000 pengguna di Indonesia dan telah mengumpulkan lebih dari 115.000 review dalam database-nya. Sekitar 26.000 perusahaan telah terdaftar dalam database Jobplanet.

 

Tags: , , ,


COMMENTS