September 18, 2016

Tidak Kenal Lelah untuk Memajukan Dunia e-Commerce di Indonesia

Penulis: Karyo

Keoptimisan Aulia rupanya ditunjang  dengan pencapaian  Blanja.com yang berhasil mencatatkan total transaksi atau Gross Merchandise value (GMV) sebesar US$ 35 juta dolar pada akhir 2015 lalu. Produk-produk elektronik dan gadget memberi kontribusi paling besar dalam penjualan, sehingga Blanja.com berani memasang target tinggi untuk total transaksi 2016.

“Di tahun pertama, GMV kam mencapai US$ 35 juta. Untuk tahun ini, target kita cukup agresif, naik hingga tiga kali lipat dari pencapaian tahun lalu (US$ 105 juta),” ungkap Aulia pada suatu kesempatan.

Untuk menjadi pemain di marathon game tersebut, Aulia tentu berupaya  keras dengan berbagai  cara. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Blanja.com pada tahun 2016 ini adalah dengan melakukan berbagai kampanye serta sosialisasi untuk  meningkatkan brand awareness di berbagai event, media, dan kesempatan.

Salah satu yang dilakukan Blanja.com belum lama ini adalah mengikuti JGOS ( Jakarta Great Online Sale ) 2016  pada beberapa waktu kemarin. Pada event tersebut, Blanja.com tidak begitu menargetkan berapa besar jumlah transaksinya, namum lebih mengedepankan upaya sosialisasi dan peningkatan brand awareness.

“Keikutsertaan Blanja.com di  JGOS tersebut tidak semata-mata untuk mencari  transaksi yang sebesar-besarnya. Namun yang lebih utama adalah untuk meningkatkan brand awareness  Blanja.com serta untuk memberi pembelajaran bagi masyarakat tentang praktek e-commerce yang baik dan benar,” ujar Aulia.

Bagi Aulia, praktek e-commerce di Indonesia saat ini menurutnya masih belum sepenuhnya memenuhi kriteria yang lengkap dan sesuai. “Terkadang banyak pihak yang cuma menjual barang yang dipasarkan lewat sosmed saja, sudah mengklaim sebagai pelaku  e-commerce,” ujar Aulia mencontohkan.

Padahal menurut Aulia, untuk menjadi pelaku e-commerce, pelaku harus memenuhi beberapa kriteria. Seperti misalnya kriteria tentang sistem pembayarannya, logistik dan kurir, sistem keamanan transaksinya, dan beberapa kriteria lainnya.

Oleh karenanya, Aulia masih merasa penting untuk mensosialisasikan dan memberi pembelajaran tentang e-commerce pada masyarakat melalui Blanja.com, terutama untuk para UKM yang  saat ini menjadi  mitra di Blanja.com dengan jumlah 80 %  dari 7000-an mitra (seller).

Tags: , , ,


COMMENTS