May 18, 2016

BitTorrent Umumkan Layanan Live Streaming Berteknologi P2P

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
BitTorrent Umumkan Layanan Live Streaming Berteknologi P2P  

MOBITEKNO – Menurut Bram Cohen, pengembang teknologi peer-to-peer (P2P) BitTorrent, metode distribusi video live streaming, misalnya pada layanan Netflix, saat ini belumlah optimal.

Dasar inilah yang membuatnya bersama perusahaan BitTorrent, Inc menghadirkan teknologi P2P sebagai platform untuk layanan streaming pertamanya yang dinamakan BitTorrent Live.

Sebagai layanan streaming yang tersedia dalam bentuk aplikasi Smart TV, mobile, atau desktop, BitTorrent Live akan mendistribusikan (live streaming) video dengan mengandalkan metodel P2P dengan protokol bernama sama (BitTorrent).

Protokol BitTorrent selama ini sudah lama diimplementasikan dalam berbagai aplikasi BitTorrent client, seperti μTorrent, untuk digunakan men-download file-file berukuran besar (game, aplikasi, video, image OS, atau update software) di Internet.

Kelebihannya sebagai protokol yang bisa membagi beban bandwith alias tidak membebankan satu server membuatnya juga cocok diterapakan untuk layanan video streaming yang marak bermunculan belakangan ini. Layan Netflix bahkan dikabarkan

Oleh karena berbasis P2P, kualitas video BitTorrent Live akan meningkat dengan semakin banyaknya pengguna yang masuk (tune in) ke layanan tersebut.

Menurut klaim BitTorrent, jika suatu video live streaming banyak ditonton pengguna, pengguna akan bisa menikmati tayangan video dengan latency di bawah 10 detik tanpa harus membebankan provider/broadcaster menyediakan fasiltas CDN (content Distribution Network) atau pre-provisioning yang mahal.

Setelah resmi bergulir, BitTorrent Live yang tersedia gratis untuk di-download akan datang dengan banyak tayangan gratis bagi penggunanya. Misalnya, seperti tayangan MMA, pertandigan tinju, bola, higga berita-berita umum dan teknologi.

Sayangnya pihak BitTorrent belum berencana menjadikan layanan ini sebagai social streaming app bagi pengguna yang doyan meng-upload konten video kreasi sendiri, seperti yang selam ini dilakukan di layanan YouTube.

BitTorrent Live akan tersedia untuk Apple TV di iTunes dalam waktu deakat ini, sementara dukungan untuk platform iOS, Android, dan Mac OS X akan hadir bulan Juni.

Selain konten gratis, BitTorrent juga punya agenda untuk bekerjasama dengan berbagai penyedia konten untuk kselanjutnya menghadirkan layanan berbayar (berlangganan) atau model PPV (pay-per-view).

 

Tags: , , ,


COMMENTS