May 17, 2016

NXP Siapkan ‘Komputer’ BlueBox untuk Mobil Otonom di 2020

Penulis: Abdillah
NXP Siapkan ‘Komputer’ BlueBox untuk Mobil Otonom di 2020  

MOBITEKNO – NXP (NXP Semiconductors) telah siap dengan chip yang dirancang khusus untuk mobil otonom atau self-driving (autonomous car) di tahun 2020 nanti. Klaim ini menjadi menarik karena tidak sedikit perusahaan mengaku sulit mebuat ‘otak’ yang memungkinkan mobil berjalan secara mandiri.

Namun, bagi pemasok chip terbesar untuk industri otomotif ini, ada peluang besar dalam mewujudkan mobil self-driving tersebut hingga menjadi kenyataan nanti. Sejauh ini, NXP yang mencatat pendapatan hingga US$ 6.1 miliar lalu, mengklaim menjadi pemasok chip nomor satu, dimana 8 dari 10 produsen mobil dunia menggunakan chip ADAS (Advanced Driving Assistance System) mereka.

BlueBox, solusi lengkap untuk uji dan pengembangan mobil otonom yang belum lama didemokan NXP diharapkan bisa membantu produsen membuat mobil otonom Level 4 (mobil yang sepenuhnya berjalan secara otonom) sehingga siap mengejar target dalam beberapa tahun ini.

Sistem BlueBox yang sudah open standard ini menyediakan sistem komputasi terpusat yang juga berkaitan dengan sistem sensor, seperti radar, lidar, dan vision. BlueBox sendiri terdiri dari dua chip, yaitu chip visual processing (S32V vision) dan chip ‘decision’ LS2088A. Chip LS2088A merupakan CPU octa core ARM Cortex-A72 64 bit 2 GHz yang sanggup menjalankan 90.000 juta instruksi per detik (IPS) dengan konsumsi daya kurang dari 40 Watt.

NXP mengatakan chip untuk empat dari lima produsen mobil besar di dunia ini telah dirancang untuk mendukung sistem otonom mobil agar memenuhi persyaratan keselamatan, kekuatan, dan kinerja pengolahan yang dibutuhkan industri otomotif global.

Pada mobil otonom dengan chi NXP, data yang didapat dari sensor-sensor mobil diproses oleh ‘komputer’ BlueBox untuk membuat visualisasi lengkap 360 derajat dari lingkungan yang ada di sekitar mobil. Visualisasi ini krusial bagi software untuk mendeteksi adanya potensi gangguan atau ancaman lainnya yang ada di sekitar mobil.

Kurt Sievers, Executive VP, Automotive Business NXP, mengatakan "Dengan platform pertama ini, posisi NXP akan lebih dipandang di industri silikon otomotif karena dapat meberikan dorongan signifkan bagi kemajuan teknologi mobil otonom.”

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS