October 16, 2016

IMOS 2016 Siap Digelar Sebagai Ajang Unjuk Gigi Anggota AISI

Penulis: Karyo
IMOS 2016 Siap Digelar Sebagai Ajang Unjuk Gigi Anggota AISI  

MOBITEKNO – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI ), kembali menggelar ajang dua tahunan nya Indonesia Motorcycle Show (IMOS)  2016 dengan menggandeng  API. Hajatan akbar industri sepeda motor tersebut akan dilaksanakan pada 2-6 November 2016 di JCC Senayan Jakarta. IMOS 2016 yang merupakan pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini akan mengusung tema "Teknologi untuk Kehidupan yang Lebih Baik”. Tema ini dimaksudkan untuk menggambarkan bahwa kecanggihan teknologi harus seiring sejalan dengan upaya penggunaan energi yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Sigit Kumala selaku Ketua Pelaksana IMOS 2016 menggungkapkan bahwa tema tersebut memang sengaja dibawa karena teknologi sepeda motor yang saat ini terus berkembang dan senantiasa selalu menghasilkan produk-produk yang canggih tetapi hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Hal senada diungkapkan pula oleh Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata. “Dengan tema tersebut diharapkan agar IMOS 2016 menjadi ajang pertarungan dan persaingan yang sehat para anggota AISI untuk menampilkan produk-produk unggulannya yang canggih namun hemat bahan bakar dan ramah lingkungan,” ujar Gunadi saat jumpa pers di Jakarta , Jumat (14/10/2016). Sehingga menurut Gunadi, kehadiran sepeda motor hendaknya tidak menjadi momok bagi masyarakat karena adanya polusi dan kemacetan yang disebabkan kendaraan roda dua ini.

Gunadi juga merasa optimis bahwa pasar sepeda motor di Indonesia masih cukup bagus untuk 5 sampai 10 tahun kedepan. "Meskipun semester kedua tahun ini pasar sepeda motor masih menurun, namun sesungguhnya AISI masih optimis akan pulihnya pasar sepeda motor, seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia," ujar Gunadi.

Dalam hal pengembangan pasar, AISI terus berupaya untuk dapat mendorong pertumbuhan pasar sepeda motor nasional seraya terus memperbesar jangkauan pasar luar negeri, baik Asia Pasifik maupun Eropa."Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan volume ekspor dari tahun 2014 hingga 2016 ini yang mencapai peningkatan mencolok sebesar 500%," jelas Gunadi.

Menurut data AISI, Indonesia masih menjadi pemain terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India. Industri sepeda motor memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi pada pengembangan industri nasional melalui penciptaan lapangan kerja serta penyerapan jumlah tenaga kerja. IMOS 2016 sendiri akan diikuti oleh lima anggota AISI, yaitu Honda, Kawasaki, TVS, Suzuki, dan Yamaha. Sementara tiga perusahaan lain yang bukan anggota AISI tetapi ikut pameran ini adalah BMW, KTM, dan Nozomi.

Pameran dua tahunan yang didukung penuh oleh Pertamina Lubricants ini akan diikuti oleh 33 merek dari beberapa kategori produk, antara lain sepeda motor yaitu Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha, TVS, BMW dan KTM, merek-merek spare parts antara lain Astra Otoparts, TDR, Bosch, Ferrox, merek-merek Lubricants seperti Evalube, Idemitsu, Pertamina Lubricants, serta berbagai merek apparel dan riding equipment.

Seluruh peserta pameran tentu akan menampilkan produk-produk unggulannya. Kawasaki misalnya akan menghadirkan full line up, yakni Ninja Series, Classic Series, Off Road Series, dan Advanture Series. Sementara TVS Motor akan menampilkan motor konsep andalan, dimana cikal bakal dari sepeda motor sport premium TVS dengan mesin 300 cc ini telah menjadi perbincangan yang hangat baik di India maupun di Indonesia.

Suzuki  juga akan memperkenalkan kepada dunia untuk pertama kalinya sebuah produk yang mewarisi tradisi dan teknologi motor sport. Sedangkan Honda akan menghadirkan lebih dari 30 unit motor yang terdiri dari motor konsep, hingga motor modifikasi dengan Honda Genuine Accesories (HGA) maupun parts custom. Selain menampilkan berbagai produk unggulan tersebut IMOS 2016 juga akan dilengpkapi dengan berbagai macem acara pendukung lainnya, seperti acara donor darah, safety riding class dan acara  acara pendukung lainnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS