November 15, 2016

Samsung Akuisisi Harman Senilai US$ 8 Miliar

Penulis: Desmal Andi
Samsung Akuisisi Harman Senilai US$ 8 Miliar  

MOBITEKNO –  Perusahaan raksasa asal Korea Selatan telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi Harman industries sebesar US$ 8 miliar. Dengaan demikian, Samsung membeli senilai US$ 112 per saham untuk kesepakatan ini, sehingga mendongkrak saham Harman hingga 28 persen pada penutupan di hari Jumat minggu lalu.

Dari informasi yang dikeluarkan Samsung melalui Autoblog, 65% dari penjualan Harman di tahun lalu semuanya terkait dengan industri otomotif. Saat ini harman mendukung konektivitas yang ada di kendaraaan disamping produk audio untuk konsumer. Harman juga dikenal sebagai pemain besar dalam industri Internet of Things dan memiliki 8.000 desainer software dan engineer. 

Perusahaan yang berbasis di Connecticut didirikan oleh Sidney Harman pada tahun 1953. Sidney Harman sendiri ppensiun pada tahin 2007 dan meninggal dunia pada 2011 lal di usia 92. Akusisi ini tidak membuat Samsung untuk mengganti karyawan yang ada. Bahkan, Samsung tetap mempertahankan semua karyawan Harman, termasuk kantor dan fasilitas yang saat ini masih digunakan.

“Kesepakatan ini dengan segera akan memberikan Samsung pertumbuhan yanbg besar terutama dalam teknologi yang mengubungkan semuanya, yang menjadi bagian dari automotive electronics,” ujar Samsung, dikutip dari Autoblog.

Walaupun diakuisisi Samsung, Harman akan berjalan tetap dalam brand-nya sendiri, namun  tetap akan dipimpin langsung oleh seseorang dari divisi Samsung untuk manajemennya.

Sumber: Autoblog

Tags: , , , ,


COMMENTS