November 15, 2016

Cerita Di Balik Urungnya Huawei Garap Smartphone Google Pixel

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Cerita Di Balik Urungnya Huawei Garap Smartphone Google Pixel  

MOBITEKNO – Setelah merilis smartphone Pixel, nasib smartphone merek (brand) Nexus yang digarap Google bersama vendor smartphone menjadi tidak jelas, jika tidak bisa dibilang lenyap, di masa mendatang. 

Meski smartphone bermerek Pixel dicap sebagai milik Google, vendor asal Taiwan, HTC, diberi tanggung jawab oleh Google untuk memproduksinya. Belakangan penunjukkan HTC sebagai pihak manufaktur Pixel punya cerita tersendiri. Minimal berdasarkan cerita dari pihak Huawei.

HTC boleh jadi merupakan vendor pilihan kedua Google sebagai mitra dalam membuat Pixel. Menurut eksekutif Huawei, setelah kesuksesan kolaborasinya dengan Google dalam membuat Nexus 6P, pihak Google kembali mengajak Huawei untuk meneruskan kerjasama dalam membuat smartphone Google berikutnya  (Pixel).

Kerjsama Huawei dengan Google dalam membuat Nexus 6P bersifat kategori co-branding. Ini artinya nama pihak OEM (Huawei), akan tetap tercantum dalam kemasan produknya. Namun, strategi Google berubah pada smartphone Pixel. Google tidak ingin ada sedikit pun tambahan nama prdusen (OEM) pada kemasan atau berbagai aktivitas promosi lainnya.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan Huawei untuk akhirnya lebih memilih tidak kembali bermitra dengan pihak Google untuk mengembangkan samrtphone Pixel. Pengakuan ini datang dari Colin Giles, VP Huawei Consumer Business Group yang dilansir dari Forbes. Menurutnya, setelah Huawei bertumbuh menjadi salah satu produsen smartphone terbesar di Asia, perusahaan Tiongkok tersebut tidak lagi ingin berperan sebagai produsen (manufacturer) untuk perusahaan lainnya seperti yang dilakukannya selama ini.

Lain Huawei, lain pula HTC. Pertimbangan HTC yang pangsa pasar smartphone globanya terus menurun dari tahun ke tahun tentunya berbeda dari Huawei. Jadi, meski konsumen Pixel mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Google Pixel diproduksi oleh HTC, vendor samrtphone yang belakangan ini sedang berjuang mengatasi masalah finansialnya langsung menyambut tawaran Google tersebut.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS