October 15, 2016

Pengguna Smartphone Lebih Diutamakan Search Engine Google Ketimbang Desktop. Apa artinya?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pengguna Smartphone Lebih Diutamakan Search Engine Google Ketimbang Desktop. Apa artinya?  

MOBITEKNO – Google kembali melakukan penyesuaian pada layanannya agar semakin relevan dengan perubahan yang ada selama ini. Era mobile sudah terjadi cukup lama dan Google wajib mengantisipasinya dengan menjadikan berbagai layanannya berkarakter mobile friendly. 

Laporan terbaru, raksasa search engine ini akan membedakan hasil pencarian pengguna melalui perangkat mobile (mobile device) dan desktop (PC, notebook, dll). Perbedaan ini merupakan konsekuensi dari langkah Google untuk mengimplementasi mobile index berbeda dengan desktop index dalam beberapa bulan mendatang.

Gary Illyes, Google Webmaster Trends Analyst di ajang Pubcon 2016 Las Vegas menyatakan bahwa ada mobile index tersendiri dalam beberapa bulan mendatang. Illyes menjelaskan bahwa mobile index baru ini akan menjadi indeks utama atau proritas bagi search engine Google untuk merespons pencarian (queries) pengguna.

""

Berkaitan dengan nasib indeks desktop search engine-nya selanjutnya, Google berjanji akan tetap mempertahankannya meski tidak lagi menjadi prioritas utama. Ini artinya, index desktop Google tidak akan seaktual mobile index Google. Jadi bisa dikatakan, hasil pencarian search engine Google di smartphone akan lebih bersifat aktual dibandingkan hasil pencaraian di desktop.

Google sudah menyampaiakan niatnya untuk mulai memberi priorotas lebih pada index mobil tapi baru sekarang ini saja mulai merealisasikannya. Dengan kehadiran mobile index, Google telah dapat menjalankan algoritma ranking-nya dalam cara berbeda untuk berbagai konten yang sepenuhnya mobile. Saat ini, algoritma ranking bekerja dengan mengekstrak data dari konten desktop untuk penentuan mobile ranking-nya.
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS