March 15, 2016

Diselenggarakan di April, IIMS 2016 Tepat dalam Memilih Waktu untuk Dongkrak Penjualan Otomotif

Penulis: Desmal Andi
Diselenggarakan di April, IIMS 2016 Tepat dalam Memilih Waktu untuk Dongkrak Penjualan Otomotif  

MOBITEKNO – Penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2016 akan terlihat berbeda dibandingkan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun lalu pameran ini berlangsung di semester dua setiap tahunnya, kini IIMS 2016 untuk pertama kalinya diselenggarakan di semester pertama 2016, yaitu tanggal 7 – 17 April 2016.

Banyak pihak yang menganggap penyelenggaraan pameran otomotif di semester pertama ini merupakan waktu yang pas untuk meningkatkan penjualan produk-produk otomotif. Pasar otomotif yang lesu dalam beberapa bulan belakangan ini diharapkan dapat bergairah lagi dengan adanya pameran IIMS 2016.

“Dengan pameran, hubungan antara masyarakat dan pelaku industri otomotif (stake holder) bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Bambang Trisulo selaku Independent Commissioner of PT Dyandra Media International Tbk. “Penyelenggaraan IIMS 2016 ini bisa membawa kontribusi yang cukup besar kepada industri otomotif Indonesia,” tambah Bambang.

Di awal tahun 2016 ini memang pasar otomotif masih tetap lesu. Berdasarkan data dari Gaikindo, penjualan mobil di bulan Januari 2016 hanya mencapai 84.885 unit, turun sebesar 9,9% dibandingkan bulan yang sama tahun 2015. Pasar yang lesu juga hinggap pada penjualan roda dua. AISI mencatat penjualan sepeda motor sepanjang Januari 2016 hanya 416.263 unit, menukik sebesar 17,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2015 yang bisa mencatat penjualan 502.783 unit.

Oleh sebab itu, penyelenggaraan IIMS di semester pertama 2016 diharapkan dapat mendorong penjualan sektor otomotif, terutama roda empat dan roda dua. Dyandra Promosindo selaku perusahaan publik juga turut bertanggung jawab menyuguhkan pameran otomotif kepada masyarakat setiap tahunnya. “Dyandra akan selalu berkontribusi ke masyarakat untuk menyajikan pameran otomotif,” ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

Dengan adanya pameran otomotif di semester pertama sehingga totalnya akan ada dua pameran otomotif besar untuk tahun 2016 ini, Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara tetangga dalam hal menyajikan produk-produk otomotif terbaru sekaligus bahan edukasi untuk teknologi ke masyarakat. “Dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa, kita memiliki potensi yang sangat besar untuk bersaing dengan negara-negara tetangga. Asalkan kita mampu mengelolanya dengan benar,” pungkas Bambang Trisulo.

Tags: , , ,


COMMENTS