October 13, 2016

HID GLobal: Perusahaan Semakin Mencari Manfaat Akses Mobile

Penulis: Desmal Andi
HID GLobal: Perusahaan Semakin Mencari Manfaat Akses Mobile  

MOBITEKNO – Semakin banyaknya perangkat mobile yang beredar di masayarakat, membuat perusahaan-perusahaan pun turut melirik keuntungan yang bisa diambil dari berbagai perangkat mobile ini. Data dari Ericsson sudah menunjukkan, jumlah pengguna smartphone diperkirakan akan mencapai 6,1 miliar pengguna pada tahun 2020, dimana angka tersebut mewakili 70% populasi dunia. Bahkan, pengguna smartphone di Asia saja berjumlah lebih dari 1 miliar pada tahun 2015 dan akan terus meningkat menjadi 1,48 miliar pada tahun 2019.

Melihat kemudahan yang ditawarkan perangkat mobile dan terlepas dari perhatian perusahaan terhadap kejahatan cyber yang juga turut mengancam keamanan mobile, ternyata banyak perusahaan yang juga melirik berbagai kenyamanan dan kemudahan dalam hal akses mobile. Inilah yang selalu dipelajari oleh HID Global sebagai perusahaan yang bergerak pada masalah Acess Control System.

Menurut Alex Tan selaku Director of Sales Physical Access Control System HID Global Asean, perusahaan memang semakin mencari cara untuk memanfaatkan potensi mobile sebagai yang pertama dan utama. Memanfaatkan revolusi mobile untuk kontrol akses fisik pada akhirnya akan menggabungkan jaringan dan kebutuhan akses yang aman lainnya, yang dapat menciptakan lingkungan lebih terhubung.

Masih menurut Aex Tan, perangkat pintar sudah ada dimana-mana. Tidak hanya smartphone, perangkat jenis baru berjenis smart wearables seperti kacamata, jam tangan, dan perangkat kebugara akan terus bertambah jumlahnya setiap tahun. Tentunya, perangkat-perangkat-ini bisa dimanfaatkan untuk akses mobile yang cepat dalam sebuah bisnis.

HID Global memberikan contohnya bagaimana seorang karyawan yang akan bepergoan ke sebuah gedung lain, yang juga masih milik perusahaan tempat ia bekerja. Sebelum melangkah keluar dari kantornya, karyawan tersebut sudah menginformasikan ke sistem gedung yang akan dituju mengenai tanggal kunjungan, durasi kunjungan, hingga akses apa saja yang dibutuhkan melalui perangkat mobilenya. Dengan cara seperti ini, otentikasi karyawan di gedung yang dituju akan bekerja lebih cepat sehingga tidak diperlukan proses yang ribet saat karyawan tersebut ada di gedung tujuannya.

HID Global mencatat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam akses mobile ini seperti akses yang selalu ada di tangan, pengalaman yang lebih cepat dan mulus karena bisa dipersiapkan lebih dahulu, hingga deteksi gerakan seperti teknologi Twist and Go dari HID Global yang dapat membuka pintu secara otomatis.

Selain itu, kemudahan lainnya dari penggunaan perangkat mobile adalah hemat waktu, multi lokasi, dan proses register yang lebih cepat karena dilakukan secara mobile.

Akses mobile juga dapat melengkapi solusi kontrol akses yang telah ada dengan menawarkan manfaat keamanan dibandingkan kartu pintar biasa. Hal ini tentunya dapat melindungi nomer akses, meminimalkan risiko pencurian dengan komunikasi alat baca jarak jauh, serta tidak mudah hilang. Hak akses yang dikendalikan dari jarak jauh juga dapat menguntungkan enggunanya saat perangkat mobile dicuri.

Tags: , , ,


COMMENTS