July 13, 2016

Perseteruan Berakhir, Google dan LinkedIn Sepakat Saling Tukar Lahan Bangunan

Penulis: Abdillah
Perseteruan Berakhir, Google dan LinkedIn Sepakat Saling Tukar Lahan Bangunan  

MOBITEKNO – Google dan LinkedIn merupakan dua perusahaan teknologi yang memiliki banyak properti di Mountain View dan Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Meski aset kedua perusahaan tersebut menyebar di seantero Silicon Valley, namun posisi properti-properti tersebut tidak dalam posisi yang menguntungkan.

Melihat kondisi tersebut, Google dan LinkedIn sepakat untuk saling bertukar sejumlah properti untuk memudahkan sebagian operasional mereka. Satu hal yang menarik dari kesepakatan dua perusahaan teknologi tersebut adalah tidak ada uang yang berpindah tangan.

Google mendapatkan properti Lester Industrial Park dari LinkedIn. Ini merupakan properti bagian penting di pintu masuk ke Nort Bayshore. Seperti ditulis dalam laman Bizjournal, LinkedIn harus membayar sebesar US$ 97,3 juta untuk membelinya pada tahun 2014 dan 2015 lalu.

Google juga sudah mendapat izin untuk memperluas ruang kantornya hingga 1,4 juta kaki persegi serta hak untuk membeli properti Sport Page di Playmouth. Sedikit lebih dekat ke Googleplex, LinkedIn juga memberikan sebuah properti di Stierlin Court dengan luas sekitar 370.000 kaki persegi.

Lalu properti apa saja yang diberikan oleh Google ke LinkedIn? Dalam kesepakatan ini, Google menyerahkan 700 dan 800 East Middlefield serta satu properti di Sunnyvale dan yang ada di perbatasan kota di Mountain View. Properti tersebut memiliki luas total sekitar 28 hektar dengan hampir 460.000 kaki persegi berbentuk bangunan.

Saat membangun properti tersebut pada tahun 2014 lalu, Google menghabiskan dana sekitar US$ 283 juta. Selain itu, LinkedIn juga akan mendapatkan bangunan yang disewa oleh Google, yakni 950 dan 1000 Maude. Properti seluas 280.000 kaki persegi ini adalah sebuah komplek perkantoran yang berada di wilayah Sunnyvale.

Bangunan dan tanah yang dipertukarkan seluruhnya berada di sekitar kantor pusat masing-masing. Sekali lagi, kesepakatan pertukaran properti ini bertujuan untuk memudahkan keduanya untuk mengembangkan operasional mereka dan hal ini sekaligus menandai perseteruan antara Google dan LinkedIn.

Seperti dikutip dari AndroidHeadlines, pada tahun 2015 lalu, Dewan Kota Mountain View telah memberikan beberapa hak perluasan bangunan kepada Google. Namun, Google diminta untuk menempati sebagian besar properti yang dimiliki oleh LinkedIn. Hal ini juga bertujuan agar Google tidak mengambil alih kota.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS