July 13, 2016

Inilah Laporan Google Terkait Distribusi Android di Pasar Smartphone dan Tablet

Penulis: Abdillah
Inilah Laporan Google Terkait Distribusi Android di Pasar Smartphone dan Tablet  

MOBITEKNO – Pengguna sistem operasi Android tentu sudah sangat akrab dengan update sistem yang berlangsung cukup cepat. Mulai dari update firmware hingga perubahan versi Android yang kini sudah mencapai abjad ‘N’ dengan mengambil nama Nougat.

Ekosistem Android memang terus dijaga dengan sangat konsisten oleh Google dan wajar jika sistem operasi ini menguasai pasar. Laporan terbaru menyebutkan bahwa Marshmallow terus mengalami peningkatan di bulan Juli 2016 ini.

Di saat Nougat masih dalam pengembangan, distribusi Android Marshmallow terus menunjukkan peningkatan. Di bulan Juli, sistem operasi yang masih belum tersebar merata ini berhasil meraih pangsa pasar sebesar 13,3%.

Angka lonjakan Marsmallow ini naik dari 10,1% pada bulan lalu. Data tersebut berasal dari semua perangkat yang menjalankan Android Marsmallow dan mengakses Play Store selama periode tujuh hari yang berakhir pada 11 Juli 2016.

Tempat teratas masih diduduki oleh Android Lollipop (5.0 dan 5.1) dengan pangsa pasar sebesar 35,1%. Selanjutnya adalah KitKat (4.4) dengan pangsa sebesar 30,1% atau turun dari 31,6% pada bulan sebelumnya.

Sementara Jelly Bean terus mengalami penurunan, dari 18,9% pada bulan Juni menjadi 17,8% pada Juli 2016. Hal yang sama juga dialami oleh Ice Cream Sandwich yang tergelincir dari 1,9% menjadi 1,7% persen.

Sistem operasi Android lawas lainnya yang juga terus mengalami penurunan pangsa pasar adalah Gingerbread, yakni merosot menjadi 1,9% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat masih diangka 2,0%. Froyo juga menyusut dengan angka 0,1%.

Berdasarkan laporan tersebut, Marshmallow terus tumbuh karena masih menjadi versi teranyar di pasar. Sebagai konsekuensi dari pertumbuhan ini, tentu tidak mengherankan jika melihat versi lainnya terus menurun.

Hal ini juga menunjukkan bahwa perangkat smartphone yang ada saat ini sedang menuju proses upgrade ke Android 6.0, termasuk pengguna yang membeli perangkat baru yang sudah berjalan dengan Marshmallow.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS