May 13, 2016

Fitur Digital TV Tuner Hadir di Varian Terbaru ZenFone

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Fitur Digital TV Tuner Hadir di Varian Terbaru ZenFone  

MOBITEKNO – ASUS meluncurkan varian baru smartphone ZenFone yang dinamakan ZenFone Go TV. Dari namanya bisa ditebak kalau ASUS menonjolkan fitur TV dengan mengintegrasikan TV tuner di smartphone tersebut.

TV tuner menjadikan pengguna ZenFone Go TV bisa menerima dan menonton siaran TV biasa (Terrestrial TV), baik TV analog dan digital. Menurut ASUS, ZenFone Go TV telah mendukung berbagai standar siaran TV yang ada di sekitar 41 negara.

Meski relatif didukung di banyak negara, seperti Jepang dan negara Asia lainnya (termasuk Indonesia), negara Eropa, hingga negara Amerika Latin, masih ada dua negara yang masih absen, yaitu AS dan Kanada. Menurut ASUS mereka sedang mengerjakan versi untuk kedua negara tersebut sehingga agar mendapat sertifikasi FCC (Federal Communications Commission) di AS dan Industry Canada.

ZenFone Go TV sekilas mirip seri ZenFone lainnya dengan perbedaan terletak pada ‘jeroan’ khusus di dalamnya, yaitu chipset Sony IC SMT-EW100 (4071S), Digital TV Tuner.

Berbeda dengan beberapa smartphone Tiongkok yang sempat hadir di pasar lokal dengan fitur TV Tuner, ZenFone Go TV bisa menyediakan dukungan saluran digital berdefinisi tinggi jika berada dalam jangkauan menara pemancar.

Selain mengusung fitur digital TV Tuner, ZenFone Go TV sudah terpasang dengan interface ZenUI yang tampil pada layar berukuran 5.5 inci (TFT, resolusi 1280 x 720 pixel).

Selain diproteksi dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3, berdasarkan informasi ASUS, layar ZenFone Go TV sudah memiliki level brightness sebesar 450 nit. ASUS tidak menyebutkan apakah level 450 nit tersebut merupakan level brightness maksimum atau tidak.

Apabila maksimum, berarti level brightness-nya masih di bawah smartphone flaghsip 2015 dan 2016 umumnya yang saat ini sudah berada di atas nilat 500 nit. Misalnya, Motorola Moto X Pure Edition 2015 (715 nits), Apple iPhone 6s Plus (593 nits), OnePlus 2 (564 nits), Samsung Galaxy S6 (563 nits). Bahkan samrtphone non-flagship seperti Xiaomi Redmi 2 pun sudah menyertakan layar dengan level brigtness 552 nits (berdasarkan pengujian PhoneArena).

ASUS yang belakangan ini lebih dekat dengan produsen chip Qualcomm bisa dilihat dengan dipilihnya chip Snapdragon 400 MSM8928 (quad-core 1.4GHz processor, Adreno 305 GPU) untuk dapu pacu ZenFone Go TV.

Spesifikasi lainnya, seperti smartphone 2016 umumnya, telah memiliki meori (RAM) 2 GB, internal storage 16 GB atau 32 GB, slot microSD (dukung hingga 64 GB), WiFi Direct, Bluetooth 4.0 + EDR + A2DP, dual microSIMs, dan 802.11b/g/n.

Zenfone Go TV yang tersedia dalam berbagai corak warna (Charcoal Black, Pearl White, Lake Blue, Glacier Gray, Sheer Gold, Glamor Red, Floral Pink, dan Silver Blue) saat ini sudah ditawarkan ASUS di pasar Taiwan dengan harga konversi yang relatif terjangkau (US$ 170). Kapan hadir di pasar Indonesia? Kita tunggu saja kabarnya di ajang Computex 2016 nanti.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS