May 12, 2016

Dalam Dua Tahun, Pertumbuhan Android di Eropa Cukup Melesat Jauh

Penulis: Desmal Andi
Dalam Dua Tahun, Pertumbuhan Android di Eropa Cukup Melesat Jauh  

MOBITEKNO – Sistem operasi Android mencatat pertumbuhan terbaiknya di daratan Eropa pada kuartal pertama tahun 2016 ini, sebesar 7,1 persen. Dengan pangsa pasar yang kini mencataat 75,6 persen di Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol, sistem operasi Google ini menunjukkan hasil terbaiknya dalam dua tahun belakangan ini. Survei ini dilakukan oleh Kantar Worldpanel, perusahaan yang bergerak untuk mendata pertumbuhan sistem operasi mobile di seluruh dunia.

Dari laporan Kantar, pertumbuhan juga terjadi di belahan dunia lainnya. Tiongkok juga mencatat pertumbuhan yang mendekati 6 persen sehingga pasar Android di negara Tirai Bambu tersebut sudah mencapai 66 persen. Hal yang sama juga berlaku di Amerika Serikat dengan pertumbuhan sebesar 7,3 persen menjadi 65,5 persen.

“Pertumbuhan Android ini datang tiddak hanya dari satu pemain, tetapi banyak pemain dengan brand dan ekosistem yang berbeda. Pertumbuhan ini terjadi di seluruh region,” kata Lauren Guenveur, analis mobile dari Kantar Worldpanel, dikutip dari GSMArena.

Bertumbuhnya Android tentu berdampak pada sistem operasi lainnya, Apple misalnya, di daratan Eropa iOS turun dari 20,2 persen menjadi 18,9 persen dalam tiga bulan hingga Maret 2016. Bahkan, 3,3 persen pengguna Android baru di Eropa tercatat datang dari pengguna iOS. Di Tiongkok juga setali tiga uang, karena pasar iOS turun menjadi 21,1 persen dari 26,1 persen dari Januari-Maret 2016 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dalam catatan Kantar Worldpanel, Microsoft menjadi pemain sistem operasi mobile yang mengalami penurunan cukup tajam. Windows Phone turun hingga 5 persen setiap tahunnya dan 7 persen pengguna Windows Phone pindah untuk beralih ke Android.

“Microsoft Windows Phone kehilangan pasar terhadap Android dan ini terjadi di negara yang awalnya kuat dengan Windows Phone seperti Italia dan Prancis,” kata Dominic Sunnebo, Business Unit Director Kantar WorldPanel. “Bahkan, ada 10 persen pengguna yang beralih ke Android dalam kuartal pertama 2016 dan memilih brand seperti Huawei, Wiko, serta Asus,” tambah Sunnebo.

Di Amerika Serikat pertumbuhan sistem Android dipengaruhi beberapa faktor. Namun, salah satu faktor utama yang membuat Android tumbuh adalah semakin besarnya pertumbuhan pasar smartphone Samsung, Motorola, dan LG.

Tags: , , ,


COMMENTS