April 12, 2016

Bukalapak: Indonesia Butuh Pahlawan Ekonomi Kreatif!

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Bukalapak: Indonesia Butuh Pahlawan Ekonomi Kreatif!  

MOBITEKNO – Bukalapak dan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) menandatangani nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) pada hari Selasa (12/4/2016) sebagai bentuk komitmen bersama dalam memajukan para UKM, khususnya di sektor ekonomi kreatif untuk bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan memanfaatkan teknologi digital dan TI.

MoU ini juga menandai dimulainya kampanye Pahlawan Ekonomi Kreatif sebagai inisiatif Bukalapak untuk menginspirasi dan mendorong para pelaku UKM dan para pembeli, khususnya di bidang ekonomi kreatif untuk bersama-sama menjadi pahlawan dalam mendukung kemajuan perekonomian Indonesia.

Penandatangan MoU ini dilakukan langsung oleh Achmad Zaky, pendiri dan CEO Bukalapak dan Triawan Munaf, Kepala Bekraf, bertempat di Kantor Bukalapak Gedung Plaza City View, Kemang, Jakarta Selatan.

Keduanya pihak sepakat bahwa para pelaku usaha, khususnya UKM merupakan motor perekonomian Indonesia karena turut berkontribusi membantu menyerap angkatan kerja nasional.

Para Pelaku ekonomi kreatif dari Sabang sampai Merauke memiliki potensi yang sangat besar. Agar kelangsungan usaha bisa dipertahankan di tengah persaingan pasar MEA, para pelaku UKM tersebut harus didukung dan saling terhubung dalam ekosistem yang kondusif. Saling terhubung di sini berkaitan langsung dengan platform marketplace Bukalapak.com yang telah berdiri sejak 2010 lalu.

Menyambut kerjasama ini, Achmad Zaky mengatakan, “Kami percaya bahwa ekonomi kreatif, termasuk di dalamnya para Pelapak di Bukalapak, adalah penggerak industri perdagangan tanah air. Dukungan pemerintah bagi mereka perlu disambut positif. Oleh karena itu, Bukalapak pun ingin turut berkontribusi melalui pemanfaatan platform digital mereka selama ini”.

"Melalui kerja sama dengan Bekraf, kami berkomitmen mengajak dan membantu 100 ribu pelaku ekonomi kreatif untuk go online," tambah Achmad Zaky.

Bukalapak dan Bekraf akan melakukan pendampingan pemasaran online, fasilitasi hak cipta, dukungan finansial, pengembangan bakat, dan pembinaan pengembangan produk kreatif bagi para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

Triawan Munaf, Kepala Bekraf, dalam sambutannya menyatakan, “Bekraf menyambut baik kerja sama dengan Bukalapak ini. Dari 16 subsektor industri kreatif yang menjadi tugas Bekraf, tujuh di antaranya (fashion, kuliner, kerajinan, musik, desain komunikasi visual, aplikasi dan pengembangan game, dan seni rupa) bisa dikembangkan bersama Bukalapak”.

“Bekraf juga bisa memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa terhubung dan bersaing langsung di pasar MEA via platform Bukalapak,” tambah Triawan Munaf.

Triawan menambahkan bahwa Program Pahlawan Ekonomi Kreatif sangat relevan dengan sasaran Bekraf untuk meningkatkan kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan perekonomian nasional, baik dari segi PDB dan ekspor.

Melalui kampanye ini, Bukalapak ingin mengapresiasi masyarakat yang tanpa disadari juga menajdi pahlawan dengan kontribusinya di marketplace Bukalapak.

"Dengan bersama-sama bergotong royong membantu para pelaku UKM untuk berkembang, dapur pun tetap ngebul, si kecil tetap pergi ke sekolah, hingga akhirnya roda ekonomi pun bisa terus berputar. Oleh karena itu, mari bergabung dan jadilah #PahlawanPelapak!" ajak Achmad Zacky.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS